Negara-negara Ini Telah Memblokir Aplikasi Telegram Sebelum Indonesia

- 15 Juli 2017, 05:14 WIB

SELAIN Indonesia yang telah memblokir Telegram, negara lain pun ternyata banyak yang mengambil tindakan serupa. Alasannya pun mirip, karena pemerintah menganggap Telegram menjadi alat penyebaran propaganda yang berpotensi mengganggu keamanan negara.

Negara-negara yang telah memblokir Telegram antara lain Rusia, Iran, Arab Saudi, dan Tiongkok. Di Rusia, lembaga regulator media dan pengawasan telekomunikasi menyatakan bahwa Telegram telah melanggar aturan. Pemblokiran dilakukan jika tidak menyertakan informasi perusahaan yang mengoperasikan Telegram.

Pendiri Telegram, Pavel Durov merespons tanggapan Roskomnadzor dengan mengatakan Telegram tidak diblokir di negara lain. Artinya jika Rusia memblokir aplikasi ini berarti pemerintah Rusia telah mempercayakan urusan komunikasi pejabat Rusia dengan orang-orang terdekatnya, termasuk data-data penting mereka, untuk dipindahtangankan ke negara lain yang dikontrol oleh Amerika Serikat. Seperti Google Drive atau Apple iCloud.

Di Iran Telegram tidak sepenuhnya diblok, di sana hanya panggilan suaranya saja yang diblokir. Permintaan Tersebut diminta oleh para provider telepon di Iran.  Empat provider telepon di sana meminta pengadilan untuk memblokir fasilitas panggilan suara di Telegram, dan akhirnya disetujui oleh pengadilan setelah berlangsungnya beberapa kali sidang perkara. Pada April 2017 Pemerintah Iran dengan resmi memblokir fasilitas panggilan suara di Telegram.

Akses VPN

Di Arab Saudi Telegram telah diblok sepenuhnya oleh pemerintah pada awal Januari 2016. Tidak ada yang tahu pasti alasan atas pemblokiran tersebut. Disinyalir memang karena alasan yang serupa, demi keamanan negara. Namun Telegram masih tetap dapat menggunakan oleh para penggunanya  dengan menggunakan akses VPN.

Sementara di Tiongkok, layanan ini telah diblokir jauh lebih awal dibanding negara-negara yang lain. Pada 2015 setelah terjadinya serangan siber besar-besaran kepada operator Telegram di Asia-Pasifik. Akses ke Telegram versi website langsung diblok oleh pihak Tiongkok karena tidak mau terkena dampak dari serangan tersebut. Bbeberapa server di sejumlah lokasi seperti Beijing, Shenzhen, Mongolia, Heilongjiang dan Yunnan langsung memblokir aplikasi ini.(Feridias Desagita)***

Editor: Administrator


Tags

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X