Minggu, 7 Juni 2020

Mudik Lebaran, Organda Yogyakarta Siapkan 840 Bus Cadangan

- 1 Juni 2017, 14:07 WIB
KESIBUKAN di Terminal Giwangan, Bantul, Yogyakarta, beberapa hari lalu. Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY siap menambah jumlah armada untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pada arus mudik Lebaran 2017 dengan menyiapkan 840 bus cadangan.*

YOGYAKARTA, (PR).- Organisasi Pengusaha Angkutan Darat Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan 840 bus cadangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik Lebaran 2017.

"Sebanyak 840 bus pariwisata sebagai bus cadangan Lebaran sudah kami siapkan mulai sekarang," kata Ketua Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) DIY Agus Adrianto di Yogyakarta, Kamis, 1 Juni 2017.

Menurut Agus, 840 armada cadangan tersebut seluruhnya merupakan bus pariwisata. Sebab bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang digunakan untuk angkutan Lebaran dari DIY jumlahnya terbatas.

Jumlah bus AKAP yang tersedia saat ini mencapai 440 unit, sedangkan bus antarkota dalam provinsi (AKDP) berjumlah 449 unit.

Penyediaan bus cadangan itu, kata dia, ditujukan untuk semua jurusan. Tujuan arus mudik serta balik Lebaran yang paling dominan tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni Jawa Tengah dan Jakarta.

"Meski pada Lebaran tahun ini kami memperkirakan akan ada tren penurunan pengguna armada bus dibanding tahun lalu," ucapnya.

Agus mengatakan saat ini bus-bus cadangan tersebut siap dioperasikan selama masa mudik Lebaran namun harus dipastikan memenuhi syarat tertentu seperti laik jalan agar tidak membahayakan penumpang. "Meski kami sudah cek, nanti akan ada gelar uji petik bus dari Dishub DIY," katanya.

Selain memastikan kesiapan fisik angkutan, Organda DIY juga akan mengecek lagi kesiapan sumber daya manusia (SDM) pengemudi. Untuk jarak tempuh 400 kilometer, pengemudi bus wajib disiapkan dua orang. Pemeriksaan kesehatan setiap sopir akan dilakukan mendekati mudik Lebaran 2017.

Jumlah penumpang diprediksi menurun

Sementara itu, Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DIY Harry Agus Triono mengatakan jumlah penumpang dan layanan bus mudik Lebaran 2017 diperkirakan menuru. Penurunannya  satu hingga tiga persen dibanding Lebaran 2016.

Halaman:

Editor: Wilujeng Kharisma


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X