WNA Kini Diizinkan Masuk Indonesia, Berikut Kegiatan yang Boleh Dilakukan, dari Wisata Sampai Buat Film

- 14 Oktober 2021, 16:00 WIB
Ilustrasi kedatangan TKA China di Bandara
Ilustrasi kedatangan TKA China di Bandara /Pikiran Rakyat/Armin Abdul Jabbar

PIKIRAN RAKYAT - Meski pemerintah mengizinkan sejumlah wisatawan asing dari 6 negara masuk ke Indonesia khususnya Bali, akan tetapi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengeluarkan aturan terbaru berkenaan Warga Negara Asing (WNA) masuk ke Indonesia dalam situasi pandemi Covid-19.

Aturan baru tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor M.HH-03.GR.01.05 berkaitan dengan pemberian izin visa.

Sebagaimana menurut aturan terbaru itu, WNA sekarang telah diperbolehkan untuk berkunjung ke Tanah Air dalam rangka wisata, pembuatan film, sampai mengikuti pendidikan.

Baca Juga: Baim Wong Dinilai Kasar dan Tak Manusiawi pada Kakek Suhud, Dedi Mulyadi: Dia Memberikan Pembelajaran

Adapun pelonggaran izin masuk bagi WNA itu sesuai dengan angka penyebaran Covid-19 yang sudah mulai melandai di Indonesia.

“Bahwa dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional di bidang wisata, perfilman, dan penyelenggaraan pendidikan, perlu menambahkan jenis kegiatan orang asing dalam rangka pemberian visa,” katanya, demikian dalam keterangan Kepmenkumham Nomor M.HH-03.GR.01.05 Tahun 2021, Kamis, 14 Oktober 2021.

Kemudian, dalam beleid Kepmen itu Kemenkumham memutuskan untuk memperbolehkan warga asing berkegiatan wisata dan pembuatan film sebagai jenis kegiatan visa kunjungan dengan indeks visa B211A.

Baca Juga: Cegah Masuknya Varian Baru Covid-19, Kemenhub Hanya Buka Dua Bandara bagi WNA

Lebih lanjut, WNA juga diperbolehkan melakukan kegiatan dalam rangka pembuatan film yang bersifat komersial dan telah mendapat izin dari instansi yang berwenang sebagai jenis kegiatan visa tinggal terbatas dengan indeks visa C312.

Halaman:

Editor: Puput Akad Ningtyas Pratiwi

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X