Terima Potret Istimewa Saiful Mahdi Usai Bebas dari Penjara, Mahfud MD: Saya Terharu

- 14 Oktober 2021, 15:07 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD.
Menkopolhukam Mahfud MD. /Instagram/@mohmahfudmd

PIKIRAN RAKYAT – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD membagikan potret ‘istimewa’ yang diterima dari keluarga Saiful Mahdi.

Sebelumnya, Akademisi Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh tersebut akhirnya dibebaskan dari hukuman penjara setelah turunnya amnesti Presiden.

Pria yang ditahan di Lapas Kelas II A Banda Aceh itu dinyatakan bebas, setelah Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 17 Tahun 2021 tentang pemberian amnesti diterbitkan.

Saiful Mahdi divonis bersalah berdasarkan hasil kasasi Mahkamah Agung (MA) yang menguatkan putusan PN Banda Aceh, sehingga harus menjalani hukuman penjara selama tiga bulan dan denda Rp10 juta.

Baca Juga: Tetangga Bongkar Kehidupan Suhud yang Tak Sesuai Omongannya: Jangan Salah Bantu Orang!

Dia dihukum atas kritikannya di grup WhatsApp internal USK Banda Aceh, terkait hasil seleksi atau tes CPNS dosen Fakultas Teknik Kampus tersebut.

Akhirnya melalui rapat paripurna, DPR mengetuk palu menyetujui pemberian amnesti oleh Presiden Jokowi tertanggal 29 September 2021.

Dengan adanya amnesti tersebut, maka semua hal yang berkaitan dengan Saiful Mahdi selama proses hukum ini akan dihapus. Bahkan, uang denda Rp10 juta kepada negara juga segera dikembalikan.

Setelah dinyatakan bebas pada Rabu, 13 Oktober 2021, Saiful Mahdi pun kembali berkumpul bersama keluarga tercintanya.

Halaman:

Editor: Sarah Nurul Fatia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X