Kemenkes Pastikan Pantau Varian Baru Covid-19: Kunci Pencegahan Perkuat Karantina

- 14 Oktober 2021, 12:25 WIB
Ilustrasi virus corona. Update corona Indonesia per Minggu, 10 Oktober 2021.
Ilustrasi virus corona. Update corona Indonesia per Minggu, 10 Oktober 2021. //Antara Foto/Ari Bowo Sucipto.

PIKIRAN RAKYAT – Mengingat Covid-19 varian Mu telah menyebar di hampir 40 negara dunia bahkan masuk dan menyebar di Malaysia, Juru Bicara Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Erlina Burhan mewanti-wanti seluruh pihak.

Pasalnya, ia mengatakan bahwa mutasi virus Corona telah bermunculan dan yang paling dominan adalah varian Delta, sementara varian Mu yang berasal dari Amerika Selatan Kolombia mulai melanda sejumlah negara.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan akan terus memantau varian-varian virus baru Covid-19, khususnya negara-negara yang telah melaporkan adanya kasus varian Mu.

"Selain itu kita terus memantau varian-varian virus Covid-19 yang mungkin memiliki dampak negatif terhadap penularan, efek vaksin, pengobatan dan juga diagnosis," kata Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi.

Baca Juga: Prediksi Gelombang Ketiga Covid-19, Ahli: Ada Varian yang Lebih Preman Dibandingkan Delta

Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa pemantauan mencakup negara tetangga dan negara yang memiliki frekuensi mobilitas dari dan ke Indonesia.

"Terutama negara-negara yang bertetangga dengan negara kita dan negara-negara yang memiliki frekuensi mobilitas dari dan ke negara kita," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Siti Nadia Tarmizi menegaskan bahwa seluruh pihak harus terus waspada meskipun virus Covid-19 varian Mu masih belum terdeteksi di Indonesia.

"Untuk varian Mu sampai saat ini kita belum mendeteksi ada di negara kita, tetapi kita harus waspada. Beberapa negara sudah melaporkan varian Mu ini seperti Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat," tuturnya yang dikutip dari PMJ News, Kamis, 14 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X