Kompolnas Tanggapi Tagar #PercumaLaporPolisi: Masyarakat yang Frustasi, Emosinya Meledak-Ledak

- 14 Oktober 2021, 07:59 WIB
Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamoto.
Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamoto. /Antara/Evarianus Supar


PIKIRAN RAKYAT - Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Benny Mamoto menanggapi tagar #PercumaLaporPolisi yang sempat viral setelah polisi menghentikan kasus dugaan pemerkosaan anak di bawah umur di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Benny Mamoto menyebut viralnya tagar #PercumaLaporPolisi itu tak terlepas dari kondisi masyarakat yang sedang menghadapi berbagai masalah seperti frustrasi, stres hingga pengangguran.

"Jadi begini, kondisi masyarakat saat ini yang sedang menghadapi berbagai macam masalah, frustrasi, stress, pengangguran dan sebagainya, ini emosinya sangat meledak-ledak," ujar Benny, dalam acara Mata Najwa, yang diunggah di YouTube Najwa Shihab, Kamis, 14 Oktober 2021.

Baca Juga: Manfaatkan Gejolak Politik Afghanistan, Vladimir Putin Sebut Teroris Irak dan Suriah 'Aktif' Masuk Kabul

Benny menambahkan, kalau dahulu demonstrasi dilakukan dalam bentuk ramai-ramai datang ke kantor, tapi sekarang hanya cukup dengan satu tagar dan viral.

"Ini hanya cukup satu tagar, viral semua dimana orang yang mengalami hal sama. Pelayanannya kurang bagus kemudian bahkan mungkin diperlakukan tidak adil akan bergabung menjadi satu kekuatan dan itu menjadi pressure Polri," ucapnya.

Benny menyarankan bahwa Polri untuk mengantisipasi berkembangnya social movement.

"Kalau menurut saya yang dilakukan (Polri) adalah koreksi internal, kemudian mempelajari kelemahan-kelemahan dan dilakukan perbaikan," katanya.

Baca Juga: Telaah Video Pengakuan Mahasiswa yang Dibanting Polisi, Pakar Telematika Curiga

Lebih lanjut, Benny menyampaikan saat ini berjalan reformasi kultural, pengawasan atasan langsung yang penting, sehingga belum viral pimpinan sudah menyentuh.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: YouTube Najwa Shihab


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X