Oknum Polisi Banting Mahasiswa di Tangerang hingga Kejang, KontraS: Inikah yang Dimaksud Tegas Humanis

- 13 Oktober 2021, 22:30 WIB
Viral di Twitter polisi membanting seorang mahasiswa yang berdemonstrasi di depan Kantor Bupati Tangerang.
Viral di Twitter polisi membanting seorang mahasiswa yang berdemonstrasi di depan Kantor Bupati Tangerang. /Tangkap layar Twitter.com/@AksiLangsung

PIKIRAN RAKYAT - Baru-baru ini viral sebuah video beredar di media sosial Twitter, sebab dalam video tersebut manampilkan aksi kekerasan sejumlah oknum anggota kepolisian terhadap mahasiswa.

Diketahui peristiwa itu terjadi persis di Kantor Bupati Tangerang, dan saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-389 Kabupaten Tangerang.

Terkait peristiwa itu, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) sebagaimana lembaga yang memiliki fokus terhadap isu reformasi sektor keamanan, terutama dalam perbaikan institusi kepolisian memberi tanggapan.

Pasalnya dalam mengamankan sejumlah aksi demontrasi mahasiswa, di Kantor Bupati Tangerang, Rabu, 13 Oktober 2021, terlihat sejumlah mahasiswa ditangkap dan dipiting oleh petugas. Bahkan ada diantara mereka yang dipiting kemudian dibanting kelantai hingga terkapar juga dikabarkan kejang-kejang.

Baca Juga: Berani 'Singkirkan' Lesti Kejora, Seorang Pria Nyatakan Cinta pada Rizky Billar

Dari video itu memperihatkan penggunaan kekuatan secara berlebihan yg dilakukan oleh anggota kepolisian Banten. Tidak sesuai dgn asas nesesitas, yg seharusnya penggunaan kekuatan dapat dilakukan bila memang diperlukan dan tidak dapat dihindarkan berdasarkan situasi yang dihadapi,” katanya, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari akun Twitter @KontraS, Rabu 13 Oktober 2021.

Dalam hal ini, KontraS juga mempertanyakan prosedur pengamanan yang dilakukan jajaran kepolisian, yang malah mahasiswa diamankan dalam keadaan sudah tak berdaya.

Namun terlihat bahwa mahasiswa yang diamankan sudah dalam kondisi tak berdaya. Jadi, apa benar #PolisiSesuaiProsedur?,” katanya.

Sebab, hal ini menjadi ironi karena Polisi selalu menekankan bahwa tindakan aparat dalam menegakan hukum akan sesuai prosedur dan berlaku tergas humanis.

Halaman:

Editor: Sarah Nurul Fatia


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X