Rabu, 3 Juni 2020

Presiden Lantik Marsekal Madya TNI Hadi Tjahjanto Jadi KSAU

- 18 Januari 2017, 06:08 WIB
PRESIDEN Joko Widodo melantik Marsekal Madya TNI Hadi Tjahjanto menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) di Istana Negara, Rabu, 17 Januari 2017.*

JAKARTA, (PR).- Presiden Joko Widodo melantik Marsekal Madya TNI Hadi Tjahjanto menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara, Rabu, 17 Januari 2017. Posisi Hadi Tjahjanto sebagai Kasau menggantikan Marsekal TNI Agus Supriatna.

Pergantian Kasau itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 2/TNI/2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Udara. Proses pergantian KASAU sendiri dihadiri juga oleh sejumlah menteri dan anggota DPR. Beberapa di antaranya adalah Ketua DPR Setya Novanto, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. 

Dalam keputusan presiden mengenai pergantian Kasau, disebutkan bahwa pelaksanaan lebih lanjut Keppres tersebut dilakukan oleh Panglima TNI dan mulai berlaku saat pelantikan pejabat dilakukan, yakni pada Rabu 17 Januari 2017. 

Dalam prosesi pelantikan, Presiden Joko Widodo membacakan pengambilan sumpah jabatan untuk Hadi Tjahjanto. "Demi allah saya bersumpah, bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini, baik langsung maupun tidak langsung, dengan rupa atau dalih apapun juga, tidak memberi atau menyanggupi, akan memberi sesuatu kepada siapapun juga. Bahwa saya, tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian berupa apa saja, dari siapapun juga yang saya tahu atau patut dapat mengira, bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saja. Bahwa saya, akan senantiasa menjunjung tinggi sumpah prajurit," kata Jokowi membacakan teks pengambilan sumpah jabatan yang kemudian diikuti oleh Hadi.***

Editor: Muhammad Ashari


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X