Waspada Lonjakan Covid-19 Gelombang Selanjutnya, Ada Siklus yang Bisa Dijadikan Pengalaman

- 22 September 2021, 19:40 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /Pixabay/mohamed_hassan

PIKIRAN RAKYAT – Lonjakan pertama kasus Covid-19 di Indonesia terjadi pada Januari 2021 imbas dari libur Natal dan Tahun Baru 2021 yang bersamaan dengan lonjakan pertama dunia.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyebutkan bahwa ketika terjadi lonjakan kedua kasus di dunia melonjak, Indonesia tengah berada di titik terendah kasus mingguan.

Sebaliknya, saat Indonesia kasusnya meningkat pada Juli, kasus Covid-19 dunia menurun dan kembali meningkat hingga mencapai lonjakan ketiga.

"Namun, pada lonjakan kedua, dunia mengalaminya lebih cepat yaitu pada April 2021," kata Wiku Adisasmito.

Baca Juga: Hanya PKL dan Pemilik Warteg yang Dapat Bantuan Tunai, Apa Itu BTPKLW Rp1,2 Juta?

Dari perbandingan pola lonjakan tersebut, ia mengingatkan pelajaran yang bisa diambil, yaitu lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia pada Juli 2021 nyatanya tidak berkontribusi signifikan terhadap kasus dunia.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 itu mengingatkan pentingnya belajar dari pengalaman untuk mencegah potensi lonjakan ketiga di Indonesia.

"Indonesia saat ini telah mengalami dua kali lonjakan yang terjadi pada Januari dan Juli 2021," kata Wiku Adisasmito.

Baca Juga: Enam Bencana Terjadi di Bogor dalam Sehari, 106 Warga Terdampak

Ia mengatakan bahwa saat ini, dunia tengah mengalami lonjakan ketiga, sehingga perlu diwaspadai dengan mempelajari pola kenaikan kasus di dalam negeri yang cenderung lebih lambat dari kenaikan kasus dunia.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X