115 Pulau di Indonesia Terancam Tenggelam, Peneliti BRIN: Jangan Terkecoh dengan Jakarta Saja

- 16 September 2021, 23:13 WIB
Ilustrasi banjir.
Ilustrasi banjir. /Pixabay/Hermann

PIKIRAN RAKYAT - Ternyata tak hanya wilayah Ibu Kota yang terancam akan tenggelam dalam beberapa tahun lagi, tetapi peneliti ahli utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan hal ancaman lainnya.

Dalam hal ini, Prof. Eddy Hermawan mengatakan 115 pulau sedang dan kecil di Indonesia terancam hilang atau tenggelam akibat naiknya permukaan air laut.

“Jangan terkecoh dengan kawasan Pantura saja, jangan terkecoh dengan Jakarta saja, apa yang akan terjadi di tahun-tahun berikutnya, inilah 115 pulau-pulau sedang dan kecil ini bisa tenggelam,” kata Eddy.

Hal itu disampaikan Eddy, dalam diskusi virtual 'Ancaman Tenggelamnya Kota Pesisir Pantai Utara Jawa, Apa Langkah Mitigasinya?' di Jakarta, Kamis, 16 September 2021.

Baca Juga: Viral TikTok: Momen Usai Malam Pertama di Rumah Mertua: Baru Keluar Kamar Langsung...

Meski begitu, Eddy berharap perhatian juga tertuju pada pulau-pulau sedang dan kecil di Indonesia seperti daerah wisata termasuk Bali dan Nias dan pulau-pulau lain termasuk di sepanjang pantai barat Sumatera yang juga terancam tenggelam.

Sehingga, menurutnya tidak hanya terpaku pada persoalan terancamnya Jakarta atau kota pesisir di Pantai Utara Jawa saja.

“Tidak hanya Jakarta yang terancam, pulau-pulau kecil juga terancam,” tutur Eddy.

Lebih lanjut menurut Eddy, kenaikan air laut tersebut disebabkan perubahan iklim dan penurunan muka tanah sehingga perlu kombinasi upaya mitigasi dan adaptasi kedepannya agar tidak kehilangan pulau-pulau tersebut.

Halaman:

Editor: Sarah Nurul Fatia

Sumber: Antara


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X