Ada Kelonggaran, Indonesia Kembali Buka Pintu Masuk bagi WNA

- 16 September 2021, 20:14 WIB
Situasi penumpang pesawat di Bandara El Tari Kupang, NTT, Selasa, 31 Agustus 2021.
Situasi penumpang pesawat di Bandara El Tari Kupang, NTT, Selasa, 31 Agustus 2021. /Antara Foto/Kornelis Kaha

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) telah menetapkan pelonggaran aturan, terkait masuknya Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke Indonesia pada masa pandemi Covid-19.

Sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara mengatakan, pemerintah membuka kembali akses masuk ke Indonesia bagi WNA pemegang visa kunjungan dan visa tinggal terbatas yang masih berlaku.

Adapun pelonggaran tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 34 Tahun 2021. 

Yakni, tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal Keimigrasian Dalam Masa Penanganan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, yang terbit pada Rabu.

Baca Juga: Viral TikTok: Momen Usai Malam Pertama di Rumah Mertua: Baru Keluar Kamar Langsung...

Arya menjelaskan, sebagaimana dalam aturan sebelumnya, WNA pemegang visa tidak dapat memasuki wilayah Indonesia kecuali visa dinas dan visa diplomatik.

Namun, dia mengatakan dengan adanya aturan tersebut maka Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 27 Tahun 2021 dinyatakan tidak berlaku.

Sementara pada aturan baru ini, Arya menambahkan, pemerintah membuka kembali akses masuk ke Indonesia bagi WNA pemegang visa kunjungan dan visa tinggal terbatas yang masih berlaku.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Sebut Susi Pudjiastuti Minta Studio Podcast Diubah Agar Mau Datang: Energinya Buruk

Lebih lanjut Arya menjelaskan, subjek lainnya yang kini diberikan izin memasuki wilayah Indonesia meliputi WNA pemegang izin tinggal dinas, izin tinggal diplomatik, izin tinggal terbatas, izin tinggal tetap, pemegang Kartu Perjalanan Pebisnis (KPP) APEC, awak alat angkut yang datang bersama dengan alat angkutnya, serta Pelintas Batas Tradisional.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X