Anies Baswedan Usul Nama Cawalkot Jakbar dan Jaksel, Ketua DPRD Beri Pesan

- 15 September 2021, 21:25 WIB
Ilustrasi Jakarta.
Ilustrasi Jakarta. /Pixabay/yanuar wijaya

PIKIRAN RAKYAT - Gubernur Anies Baswedan mengusulkan dua nama, untuk posisi Wali Kota Administrasi Jakarta Barat, dan Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Hal itu tertuang dalam surat Gubernur Nomor 376/-071.821 tertanggal 2 September, Yani Wahyu Purwoko yang diusulkan menjadi calon Walikota Jakarta Barat. Sementara, Munjirin diusulkan menjadi calon Walikota Jakarta Selatan.

Menanggapi hal ini, Ketua DPR DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi mengingatkan, kepada kedua calon wali kota tersebut bahwa sebagai pimpinan kota administrasi perannya harus terlihat.

"Jadi untuk tugas wali kota ini perannya yang harus terlihat. Jangan mengkhayal untuk pembangunan," ujarnya dalam keterangan resminya, Rabu, 15 September 2021.

Baca Juga: Baru Bahagia Pindah ke AS, Maia Estianty Umumkan Idap Penyakit Langka yang Tak Bisa Sembuh

Menurutnya, dua kota administrasi ini memiliki persoalan yang hampir sama. Seperti masalah kewajiban pengembang untuk menyerahkan fasilitas sosial (Fasos) dan fasilitas umum (Fasum) kepada Pemprov DKI Jakarta.

Apalagi kata dia, Pemprov DKI Jakarta telah memiliki Perda Nomor 7 Tahun 2012 tentang Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum.

Aturan tersebut juga telah diperkuat dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 12 Tahun 2020 tentang Mekanisme Penyerahan Kewajiban dari Pemegang Izin dan Non-Izin sebagai penyempurna atas Peraturan Gubernur Nomor 228 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Keputusan Gubernur Nomor 41 tahun 2001 tentang Tata Cara Penerimaan Kewajiban Dari Para Pemegang SIPPT Kepada Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 16 September 2021: Cancer, Leo, dan Virgo, Hubunganmu Banyak Diterpa Masalah

"Wali kota jangan jadi kacungnya pengembang, harus tegas. Kalau dia punya kewajiban ya tagih, walaupun itu teman saya," tuturnya.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X