Hotman dkk Gugat KPK, Perjuangan Nasib Pegawai Nonaktif Tersisa Dua Argumen

- 15 September 2021, 20:56 WIB
Logo KPK.
Logo KPK. /Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay

PIKIRAN RAKYAT - Tiga pegawai KPK nonaktif menempuh gugatan keterbukaan informasi Tes Wawasan Kebangsaan KPK kepada Komisi Informasi Pusat (KIP). 

Narasi yang diangkat ketiga pegawai KPK, yakni Hotman Tambunan, Ita Khoiriyah, dan Iguh Sipurba ini, meminta KPK memberikan data-data pribadi seperti hasil tes wawasan kebangsaan tersebut.

Hotman mengatakan, syarat memperoleh data melalui pemberian persetujuan tertulis kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Data (PPID) KPK untuk mengakses informasi tersebut telah dilakukan, namun informasi itu tidak juga diberikan. 

"Para pegawai KPK telah mengajukan permohonan melalui mekanisme PPID sesuai dengan undang-undang, namun KPK tetap tidak memberikan informasi hasil TWK," ujar Hotman Tambunan, di Jakarta, Senin, 13 September 2021.

Baca Juga: Baru Bahagia Pindah ke AS, Maia Estianty Umumkan Idap Penyakit Langka yang Tak Bisa Sembuh

Hotman menegaskan, hal itu sebagaimana tercantum dalam Pasal 18 Ayat (2) huruf a Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Dalam sidang perdana Komisi Informasi, Ketua Majelis Komisioner KIP Gede Narayana menyebutkan bahwa gugatan yang diajukan tiga pegawai KPK mencakup pada landasan hukum penentuan unsur-unsur yang diukur dalam asesmen TWK, landasan hukum penentuan kriteria memenuhi syarat (MS) dan tidak memenuhi syarat (TMS) dalam asesmen TWK, dan nama dan sertifikat asesor atau pewawancara serta lembaga atau institusi asal asesor atau pewawancara.

Selain itu gugatan juga meminta kertas kerja asesor atau pewawancara, berita acara penentuan lulus dan tak lulus oleh asesor, dan hasil asesmen TWK.

Baca Juga: Termasuk Pilot, Tiga Awak Rimbun Air Ditemukan Meninggal Dunia

Publik Pesimistis

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X