Ribuan Kapal China Merangsek ke Teritori Indonesia di Laut Natuna Utara dan Tak Terdeteksi Radar, Kenapa Bisa?

- 14 September 2021, 15:45 WIB
Lokasi Laut Natuna Utara. ribuan kapal milik China dan Vietnam yang masuk perairan Natuna Utara di dekat Laut China Selatan, tidak terdeteksi radar.
Lokasi Laut Natuna Utara. ribuan kapal milik China dan Vietnam yang masuk perairan Natuna Utara di dekat Laut China Selatan, tidak terdeteksi radar. /Reuters/Beawiharta

PIKIRAN RAKYAT - Pengakuan mengejutkan diutarakan Sekretaris Utama Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksda S. Irawan.

Dia mengakui bahwa ribuan kapal milik China dan Vietnam yang masuk Laut Natuna Utara di dekat Laut China Selatan, tidak terdeteksi radar.

Kata dia, ribuan kapal tersebut tiba-tiba saja bisa dilihat dengan pandangan mata sudah merangseng masuk wilayah Indonesia.

Kata dia, kapal yang bisa terpantau radar hanya hitungan jari, akan tetapi saat dipantau dari udara, jumlah kapal China dan Vietnam bisa ratusan bahkan ribuan.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang, Politisi Tuntut Pemerintah Tak Ulangi Kesalahan

"Dipantauan di radar atau pantauan dari Puskodal kami, sampai saat ini masih ada 1, 2, 3, 4, 5, 6 kapal-kapal Vietnam, pantauan radar, termasuk kapal-kapal coast guard China," kata Irawan dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 13 September 2021.

"Begitu dilihat kasat mata dari pengamatan udara, jumlahnya sampai ratusan, mungkin ribuan kapal yang ada di sana," ujarnya.

Kata dia ada sejumlah permasalahan yang menghambatnya dalam menjaga perbatasan.

Baca Juga: Coldplay dan BTS Bikin Kolaborasi, Apakah My Universe Akan Jadi Chart Nomor 1 di Billboard?

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X