Provinsi Luar Jawa-Bali Bebas dari Level 4, tapi 6 Kabupaten/Kota Masih Terapkan Level 4

- 13 September 2021, 20:54 WIB
Ilustrasi PPKM.
Ilustrasi PPKM. /PIXABAY/pixel2013

PIKIRAN RAKYAT – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengumumkan seluruh Provinsi di luar Jawa-Bali telah keluar dari Level 4 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal itu disampaikan dalam Konferensi Pers Update Penanganan Covid-19 yang disiarkan secara daring pada Senin, 13 September 2021.

"Terkait dengan evaluasi PPKM di luar Jawa, ini diberlakukan masih dalam 2 pekan, artinya PPKM luar Jawa adalah perpanjangannya tanggal 7 sampai 20 September 2021," ujar Airlangga Hartarto.

Dia menambahkan, meski penurunan kasus di luar Jawa-Bali telah berada di bawah 100 ribu, masyarakat diminta untuk terus waspada dan tidak bereuforia.

Baca Juga: Selesaikan Semua Kontrak Kerja di Indonesia, Maia Estianty Akhirnya Pamit: Akan Merindukan Kalian

"Dapat kami sampaikan bahwa khusus untuk luar Jawa-Bali, kasus nasional per 12 September 2021 kemarin, luar Jawa-Bali berkontribusi terhadap kasus aktif sebesar 59,46 persen," ujar Airlangga Hartarto.

Akan tetapi, dia menyampaikan bahwa secara Provinsi di luar Jawa-Bali, seluruhnya telah turun dari Level 4 PPKM.

"Kalau kita lihat secara Provinsi, terjadi penurunan dari Level 4 yaitu 2 Provinsi menjadi tidak ada yang di Level 4. Kemudian Level 3 dari 22 Provinsi menjadi 16, dan di Level 2 dari 3 menjadi 11 Provinsi," kata Airlangga Hartarto.

Meski begitu, sejumlah Kabupaten dan Kota di Provinsi luar Jawa-Bali tetap diterapkan PPKM Level 4, untuk menjaga tren kasus yang sudah mulai menurun.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: YouTube PerekonomianRI


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X