Laut Natuna Utara Dikepung Ribuan Kapal China dan Vietnam, Bakamla Sebut AS Mulai Ikut Merapat

- 13 September 2021, 19:18 WIB
Ilustrasi - Ribuan kapal China dan Vietnam mengepung Laut Natuna Utara.
Ilustrasi - Ribuan kapal China dan Vietnam mengepung Laut Natuna Utara. /Foto: Reuters/Stringer

PIKIRAN RAKYAT - Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia baru-baru ini menyampaikan kondisi Laut Natuna Utara yang kian genting.

Kondisi di Laut Natuna Utara itu disampaikan Bakamla dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi I DPR RI pada Senin, 13 September 2021.

Pihak Bakamla mengungkapkan ada ribuan kapal asing dari China dan Vietnam yang sudah lama berada di wilayah Laut Natuna Utara. Parahnya, pihak Bakamla mengaku tak memiliki cukup alat pendukung untuk berpatroli di wilayah overlapping tersebut.

Dalam rapat dengar tersebut, Bakamla mengaku selalu meminjam pesawat dari TNI AU untuk melakukan pemantauan udara. Namun Bakamla sering terkendala karena pesawat juga sering dipakai.

Baca Juga: Selesaikan Semua Kontrak Kerja di Indonesia, Maia Estianty Akhirnya Pamit: Akan Merindukan Kalian

Sekretaris Utama Bakamla Laksda S Irawan meminta pemerintah memberikan pesawat bagi Bakamla untuk memantau kondisi Laut Natuna Utara.

"Kami kerja sama dengan TNI AU untuk melakukan pemantauan udara di Laut Natuna Utara, dan Alhamdulillah mereka mendukung, tapi saat pesawat digunakan kami tidak bisa apa-apa, jadi Bakamla minta pesawat sendiri," ujar Irawan.

Irawan menyebut jika dilihat dari puskodal, kapal yang muncul bisa dihitung jari. Namun, ketika dipantau dari pengamatan udara ribuan kapal terlihat di wilayah Laut Natuna Utara.

"Kalau kita lihat pantauan dari puskodal, di daerah overlapping masih ada 6 kapal-kapal Vietnam, termasuk kapal coast guard China. Tapi begitu dilihat secara kasat mata atau langsung dengan pengamatan udara, itu bahkan sampai ratusan kapal mungkin ribuan kapal yang berada di sana," katanya menambahkan.

Halaman:

Editor: Nopsi Marga


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X