Diduga Retas Situs BIN, Simak Sepak Terjang Kelompok Hacker Mustang Panda

- 12 September 2021, 20:06 WIB
Ilustrasi hacker.
Ilustrasi hacker. /Pixabay/geralt

PIKIRAN RAKYAT - Beredar informasi kalau situs dari Badan Intelijen Nasional (BIN) serta 9 kementerian lainnya yang ada di Indonesia berhasil kena retas (hack) peretas dari China.

Belum ada informasi yang jelas mengenai serangan ini, tapi peretasan dari situs BIN dan juga 9 kementerian lainnya diduga dilakukan oleh kelompok peretas dengan nama Mustang Panda.

Mustang Panda sendiri merupakan kelompok peretas asal China yang diduga bertanggung jawab dengan beberapa serangan siber.

Jika memang situs Indonesia diretas oleh para kelompok ini, maka apa yang akan dihadapi pemerintah bukanlah kelompok main-main.

Baca Juga: Diboyong Irwan Mussry Hijrah ke Amerika, Maia Estianty Ungkap Putranya yang Bakal Ikut ke Negeri Paman Sam

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari berbagai sumber pada Minggu, 12 September 2021, Mustang Panda bertanggung jawab untuk beberapa serangan berjenis Advanced Persistent Threats (APT).

Serangan berjenis APT ini merupakan serangan siber yang komplek dan memakai banyak komponen yang berbeda untuk menyerang lawan demi mendapatkan informasi rahasia dan penting.

Karena sering berganti-ganti komponen dan juga metode, maka serangan APT ini sulit untuk diketahui oleh antivirus biasa.

Serangan APT ini terhitung cukup canggih karena setelah masuk ke dalam perangkat, ia tidak akan langsung bekerja di dalam perangkat. APT akan berdiam diri dulu selama beberapa lama.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 13 September 2021: Aries, Taurus, dan Gemini, Jangan Terburu-buru Pilih Pasangan

Halaman:

Editor: Sarah Nurul Fatia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X