Kondisi Over-Capacity, Kemenkumham Pastikan Segera Renovasi Lapas Kelas 1 Tangerang

- 11 September 2021, 23:30 WIB
Lapas Kelas 1 Tangerang yang alami kebakaran.
Lapas Kelas 1 Tangerang yang alami kebakaran. /Dok. Kemenkumham

PIKIRAN RAKYAT - Beberapa waktu lalu telah terjadi insiden kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang, Banten, Rabu, 8 September 2021.

Dalam kejadian itu puluhan narapidana tak sempat menyelamatkan diri karena kondisi yang terkunci di sel tahanan, kebakaran itu pun mengakibatkan 44 narapidana meninggal dunia.

Usai peristiwa yang memilukan ini, Kemenkumham memastikan renovasi terhadap blok C sebagai hunian narapidana di Lapas Kelas 1 Tangerang yang terbakar, akan segera dilakukan seiring proses penanganan pasca kebakaran.

Hal itu disampaikan Kepala bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Rika Aprianti di Lapas Kelas 1 Tangerang, Jumat, 10 September 2021.

Baca Juga: Mongol Stres Terlalu Banyak Bicara, Gereja Setan Indonesia 'Lenyap'

Pak Menteri sudah sampaikan jika Kemenkumham telah membentuk tim diantaranya pemulihan fisik dan penanganan napi yang luka serta meninggal dunia. Berarti proses renovasi juga dilakukan,” kata Rika.

Selain itu, Rika mengatakan renovasi terhadap Lapas Kelas 1 Tangerang akan dilakukan seiring dengan kondisi yang saat ini yakni over capacity terhadap hunian napi.

“Lapas yang harus terisi 600 orang, ini ada 2.069 orang. Begitu juga dengan blok C yang harus diisi 38 orang namun saat kejadian ada 122 orang. Maka itu renovasi akan segera dilakukan,” kata Rika.

Baca Juga: SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming Chelsea vs Aston Villa, Siaran Langsung SCTV

Kemudian Kemenkumham juga akan terus menjaga kondusifitas di Lapas Kelas 1 Tangerang pascakejadian, misalnya saja pemberian pengobatan kepada napi yang luka serta trauma healing.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X