Penjara di Indonesia Disebut Over-Capacity, Mahfud MD Rencanakan Bangun Lapas Baru di Lahan BLBI

- 9 September 2021, 15:32 WIB
Ilustrasi penjara.
Ilustrasi penjara. /PIXABAY/TryJimmy

PIKIRAN RAKYAT - Usai insiden kebakaran yang menghanguskan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang, Banten, pada Rabu, 8 September 2021 dini hari, hingga menewaskan puluhan narapidana, kini pemerintah berencana akan membangun sejumlah Lapas.

Pemerintah Indonesia berencana membangun sejumlah Lapas baru, untuk mengatasi permasalahan kelebihan kapasitas.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengakui bahwa kondisi Lapas di Tangerang memang melebihi kapasitas.

Terkait hal itu, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan, pembangunan Lapas ini dilakukan untuk mencegah terulangnya kasus banyak korban meninggal akibat kebakaran yang terjadi di Lapas Kelas 1 Tangerang.

Baca Juga: Ketar-ketir Takut Menemui Ajal, Ari Lasso Tulis 'Wasiat' untuk Anak dan Istri: Perut Kaya Ditusuk

Mahfud mengatakan, saat ini lembaga pemasyarakatan di seluruh Indonesia mengalami kapasitas berlebih lantaran banyaknya narapidana narkoba.

"Jadi satu kamar yang tidak terlalu luas itu isinya bisa 30-40 orang," ujar Mahfud MD saat meninjau Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Tangerang pada Rabu, 8 September 2021.

Selain itu, dia mengakui pembahasan untuk membangun lembaga pemasyarakatan dengan DPR seringkali gagal karena pemerintah tidak memiliki anggaran.

"Saya sudah bicara dengan kementerian keuangan tadi, tanah dari BLBI yang sekarang kami kuasai itu oke nanti lembaga pemasyarakatan perlu berapa, di seluruh Indonesia," kata Mahfud MD.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: Anadolu Agency


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X