BPOM Paparkan Hasil Studi Efikasi Penggunaan Vaksin Janssen dan Convidecia Terhadap Gejala Covid-19

- 8 September 2021, 09:30 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19.
Ilustrasi vaksin Covid-19. /Pixabay/WiR_Pixs

PIKIRAN RAKYAT – Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito menyampaikan bahwa Indonesia kedatangan dua jenis vaksin Covid-19 dan telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) terhadap vaksin Covid-19 Janssen dan Convidecia.

Ia berharap penambahan jenis vaksin Covid-19 tersebut dapat membantu upaya pemerintah dalam mencapai peningkatan cakupan vaksinasi untuk menciptakan herd immunity.

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan bahwa vaksin Janssen dan Convidecia diberikan hanya sekali suntikan atau dosis tunggal sebanyak 0,5 ml secara intramuscular dan membutuhkan kondisi penyimpanan pada suhu khusus.

Janssen Covid-19 Vaccine adalah vaksin yang dikembangkan oleh Janssen Pharmaceutical Companies dengan platform non replicating viral vektor menggunakan vector Adenovirus (Ad26).

Baca Juga: PTM Terbatas Digelar di Tengah Tingginya Angka Kematian Anak karena Covid-19

Vaksin tersebut diproduksi di beberapa fasilitas produksi seperti di Grand River USA, Aspen South Africa, dan Catalent Indiana, USA.

Untuk Indonesia, vaksin Janssen didaftarkan oleh PT Integrated Health Indonesia (IHI) sebagai pemegang EUA dan bertanggung jawab untuk penjaminan keamanan, khasiat, dan mutu vaksin.

Sementara itu, vaksin Convidecia merupakan vaksin yang dikembangkan oleh CanSino Biological Inc dan Beijing Institute of Biotechnology menggunakan vector Adenovirus (Ad5) dan didaftarkan oleh PT Bio Farma sebagai pemegang izin EUA yang akan bertanggung jawab untuk penjaminan keamanan, khasiat, dan mutu vaksin ini di Indonesia.

Baca Juga: Kejari Kota Bogor Musnahkan Ribuan Barang Bukti, Narkoba Mendominasi

Penny K Lukito menyebutkan bahwa proses penerbitan EUA terhadap vaksin Covid-19, vaksin Covid-19 Janssen dan Convidecia di Indonesia telah melalui pengajian yang intensif terhadap keamanan, khasiat, dan juga mutu.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X