Uji Coba Pembukaan 20 Lokasi Wisata di Wilayah PPKM Level 3, Simak Aturannya

- 6 September 2021, 20:08 WIB
Ilustrasi: Pemerintah memberi izin uji coba pembukaan 20 tempat wisata di wilayah PPKM Level 3.
Ilustrasi: Pemerintah memberi izin uji coba pembukaan 20 tempat wisata di wilayah PPKM Level 3. /holzijue

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah memutuskan untuk kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa-Bali mulai dari 7 hingga 13 September 2021 mendatang.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marives) Luhut Binsar Pandjaitan, dalam konferensi pers daring, Senin, 6 September 2021.

Luhut menyampaikan situasi perkembangan Covid-19 di Jawa Bali terus mengalami perbaikan yang berarti.

Hal ini ditandai dengan semakin sedikitnya kota-kabupaten yang berada di level 4, yakni per tanggal 5 September 2021, hanya 11 kota/kab di Jawa-Bali yang ada di level 4 dari sebelumnya yang berjumlah 25 kota/kab.

Baca Juga: Resmi Berlaku, Indonesia akan Gunakan Mata Uang China untuk Pembayaran Internasional

"Peningkatan yang signifikan terjadi pada level 2 di mana jumlah kota/kab meningkat dari yang sebelumnya 27 menjadi 43 kota/kab. Dari wilayah aglomerasi, DIY berhasil turun ke level 3, sementara Bali kami perkirakan butuh waktu 1 minggu lagi untuk turun ke level 3 dari level 4 akibat perawatan pasien di RS yang masih tinggi," katanya.

Selain itu, dia juga menyampaikan secara keseluruhan, indikator transmisi penyakit yang terdiri dari penambahan kasus konfirmasi, jumlah perawatan pasien yang ada di RS, dan jumlah kematian, terus mengalami perbaikan.

"Semua ini tentunya adalah sesuatu yang patut kita syukuri yang merupakan buah dari kerja keras kita semua," kata Luhut Binsar Pandjaitan.

Meskipun indikator transmisi mengalami perbaikan seperti yang saya sebutkan di atas, akan tetapi indikator respons kesehatan pada banyak wilayah kota/kab masih belum memenuhi target yang ingin dicapai pemerintah.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: youtube sekretariat negara


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X