Gaji ke-13 Tahun 2022 Cair Tanpa Tukin, Komisi II DPR: ASN Harus Terima dengan Ikhlas

- 6 September 2021, 15:33 WIB
Ilustrasi PNS. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga mengatakan pemerintah akan melakukan penghematan pada 2022 tahun depan. Langkah yang akan diambil dalam penghematan tersebut satu diantaranya gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS), tidak akan ada kenaikan.
Ilustrasi PNS. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga mengatakan pemerintah akan melakukan penghematan pada 2022 tahun depan. Langkah yang akan diambil dalam penghematan tersebut satu diantaranya gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS), tidak akan ada kenaikan. /Instagram/@gocpns2021

PIKIRAN RAKYAT - Sebagai aparatur sipil negara (ASN) gaji ke-13 merupakan penghargaan pemerintah begitu juga kepada para pensiunan yang telah berperan dalam pembangunan nasional.

Adapun pembayaran tunjangan tersebut juga ditujukan untuk membantu biaya pendidikan dan keperluan sekolah.

Untuk tahun ini, gaji ke-13 sama seperti komponen THR 2021 yang meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dalam bentuk uang, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum.

Namun, Kementerian Keuangan telah menetapkan bahwa gaji ke-13 tahun mendatang tetap diberikan, akan tetapi tanpa tunjangan kinerja.

Baca Juga: Diperkosa Setiap Hari, Viral Kisah Orang Utan Jadi Budak Seks di Kalimantan Tengah

Menanggapi kebijakan tersebut, anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus menyatakan, keputusan pemerintah terkait gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2022 tanpa tunjangan kinerja (tukin) harus diterima dengan ikhlas dan disikapi dengan bijaksana oleh para PNS.

Politisi PAN ini juga menyampaikan, kebijakan pemerintah melakukan refocusing anggaran berkaitan dengan kebutuhan dana untuk penanganan pandemi Covid-19 yang masih cukup tinggi di tahun 2022.

Dia juga menyebut bahkan pada tahun 2021, pemerintah sudah empat kali melakukan refocusing anggaran.

"Pada refocusing kedua, pemerintah tetap membayarkan THR kepada ASN tanpa menyertakan tunjangan kinerja. Dan dari situ, negara menghemat beberapa belas triliun," kata Guspardi dalam berita rilisnya, Senin, 6 September 2021.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: DPR


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X