Dokter Reisa Sebut Pentingnya Skrining Pribadi: Masyarakat Harus Membiasakan Diri Mengikuti Norma Baru

- 4 September 2021, 22:10 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19.
Ilustrasi vaksin Covid-19. /Pixabay/fernandozhiminaicela

PIKIRAN RAKYAT – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr. Reisa Broto Asmoro tegaskan pentingnya mendapatkan vaksin Covid-19 dengan kembali dibukanya sejumlah aktivitas di fasilitas publik seperti pusat perbelanjaan dan fasilitas olahraga umum.

Selain mendorong vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan, ia menyebutkan bahwa pemerintah turut mendorong masyarakat melakukan skrining pribadi untuk memastikan kesiapan perlindungan kesehatan sebelum beraktivitas di luar rumah.

Menurut dr. Reisa, Indonesia telah mengamankan stok vaksin lebih dari 218 juta dosis dalam bentuk bahan baku maupun vaksin jadi.

Sepanjang delapan bulan pertama 2021, Biofarma telah mengirim sebanyak 129.891.072 dosis vaksin ke seluruh Indonesia dan hingga saat ini, lebih dari 65 juta rakyat Indonesia telah mendapatkan vaksin dosis pertama, sementara sekira setengahnya telah divaksin secara lengkap.

Baca Juga: 9 Fakta Penangkapan Coki Pardede, Sejumlah Nama Pelaku Industri Hiburan Jadi Target Polisi hingga Janji

“Pastikan kita dan keluarga segera tervaksin dengan lengkap,” kata dr. Reisa.

Hal tersebut, tidak hanya berfungsi untuk melindungi kesehatan pribadi, tetapi melindungi keamanan orang lain yang berpapasan, terutama di ruang publik.

Reisa mengingatkan bahwa prinsip reciprocity, yaitu masyarakat perlu memastikan dirinya divaksin untuk menghargai dan melindungi mereka yang sudah divaksin.

Ia mencontohkan ketika masyarakat mengunjungi pusat perbelanjaan yang hampir seluruh pengelola dan pegawainya sudah divaksin, maka untuk menghormati keselamatan mereka, pengunjung harus memastikan dirinya telah divaksin, sebelum masuk ke lokasi perbelanjaan.

Baca Juga: Komentar Greysia Polii Usai Ganda Putri Badminton Indonesia Raih Medali Emas Paralimpiade Tokyo 2021

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X