Teten Masduki Bongkar Cara China Banjiri Indonesia dengan Produknya

- 4 September 2021, 20:11 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. /Instagram.com/@tetenmasduki_

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menangah (UKM) Teten Masduki menekankan pentingnya keahlian market intelligent atau membaca permintaan pasar bagi para pelaku UMKM dan UKM di Indonesia.

Teten Masduki memberi contoh bagaimana China bisa membanjiri Indonesia dengan produk-produk UKM mereka dengan berbekal keahlian market intelligent.

"Selama ini di e-commerce, UMKM kita kalah bersaing. Harus diakui bahwa lebih dari 50 persen produk yang dijual di e-commerce itu produk impor," kata Teten Masduki.

"Mengapa UMKM di China misalnya, bisa menyerbu pasar domestik Tanah Air dan mereka tidak ragu mengirim barangnya (produk) itu dalam jumlah besar," ucapnya lagi.

Baca Juga: Sejarah Tercipta, Ganda Putri Badminton Indonesia Raih Medali Emas Paralimpiade Tokyo 2021

"Setelah kami teliti, ternyata UMKM di China itu mendapatkan panduan. Sebelum mereka produksi, mereka mendapatkan data marketnya. Data di Indonesia, di Asia. Jadi mereka menangkap selera konsumen di setiap negara."

Dengan market intelligent seperti itu, kata Teten Masudki, para pelaku usaha mikro di China bisa memproduksi barang yang memang disukai oleh konsumen di Indonesia.

"Itu pasti laku. Pasti dibeli. Karena itu pengiriman barangnya itu bisa borongan sehingga murah biasa biaya logistiknya," tutur Teten Masduki dalam diskusi virtual yang diunggah kanal Youtube Teknik Informatika Unjani pada 4 September 2021.

Baca Juga: Persib Bandung vs Barito Putera Liga 1 2021: Djanur Tebar Ancaman untuk Pangeran Biru

Masalah di Indonesia, katanya, adalah pengiriman barang masih dilakukan dalam satuan yang sangat kecil sehingga membuat ongkos kirim menjadi mahal.

Halaman:

Editor: Rio Rizky Pangestu


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X