Usul ke Mahfud MD, Sujiwo Tejo Ungkap Cara Melawan Taliban yang Terbukti Ampuh di Masa Gus Dur

- 24 Agustus 2021, 16:20 WIB
Ilustrasi pasukan Taliban. Sujiwo Tejo mengatakan, kecacatan tidak bisa dijadikan alasan untuk menyerah. Jika melihat Presiden Gus Dur, kecacatan tidak menjadi suatu kelemahan.
Ilustrasi pasukan Taliban. Sujiwo Tejo mengatakan, kecacatan tidak bisa dijadikan alasan untuk menyerah. Jika melihat Presiden Gus Dur, kecacatan tidak menjadi suatu kelemahan. /Reuters/Stringer


PIKIRAN RAKYAT - Kewaspadaan diperlihatkan para politisi dan pemerintah Indonesia menyusul penguasaan Taliban di Afghanistan. Atas kondisi ini justru malah jadi bahan guyonan Budayawan Sujiwo Tejo.

Awalnya Sujiwo Tejo mengatakan, kecacatan tidak bisa dijadikan alasan untuk menyerah. Jika melihat Presiden Gus Dur, kecacatan tidak menjadi suatu kelemahan.

Jika melihat Presiden Gus Dur dari sisi lain, bahwa kecacatan bisa menjadi kekuatan.

Hal menarik dari seorang Gus Dur yang menggunakan kelemahannya menjadi kelebihan bahkan kekuatannya.

Baca Juga: Pandangi Foto Masa Lalu Saat di Cianjur, Rizki DA Akui Belum Move On dari Lesti Kejora?

"Jadi yang menarik dari Gus Dur, bagaimana kita terima kecacatan-kecacatan ini sebagai kekuatan kita," ujar Sujiwo dalam acara Haul Gus Dur ke 12 secara daring pada Minggu 22, Agustus 2021.

Selain itu, Sujiwo Tejo melihat sisi lain dari Gus Dur lainnya adalah cengengesan. Bahkan Cengengesan ala Gus Dur, kata Sujiwo sudah jadi senjata ampuh mencegah Taliban berkuasa di Indonesia.

"Mungkin yang bisa ditarik dari Gus Dur kalau saya lihat bukan Covid-19 tapi Taliban," jelasnya.

Baca Juga: Ada Hunian di Drainase Kota Bandung, Netizen: Apartmen Underground

Lantas Sujiwo Tejo memberi pandangan pada Menko Polhukam dan Ketua PKB, selama masih cengengesan, Taliban tak akan mudah masuk ke Indonesia.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X