Wagub Riza Patria Sebut Harga PCR di Jakarta Lebih Rendah dari Vietnam, Faktanya Belum Semua

- 19 Agustus 2021, 20:48 WIB
Ilustrasi swab test PCR.
Ilustrasi swab test PCR. /Pixabay/Stephan Hoesl

PIKIRAN RAKYAT - Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria menyebutkan, harga tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di DKI Jakarta lebih rendah dari negara tetangga, yakni Vietnam yang mematok harga Rp460.000.

"Kita 'kan sudah termurah kedua setelah Vietnam, disampaikan pak Menteri Kesehatan mudah-mudahan bisa lebih baik lagi," katanya saat ditemui di Balai Kota Jakarta, Kamis, 19 Agustus 2021.

Ahmad Riza juga menyatakan soal harga PCR, Pemprov Jakarta akan terus mengikuti seperti halnya imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Memang Pemprov Jakarta, kata dia, memahami adanya keberatan yang disampaikan oleh pengusaha karena reagennya harus didatangkan dari luar negeri.

Baca Juga: Pengacara Ryan Jombang Sebut Habib Bahar Utang Rp10 Juta: Gak Pernah Dikembalikan, Malah Dianiaya

Hanya saat ini sudah ada imbauan dari Presiden Jokowi sehingga mau tidak mau harga tes RT-PCR harus disesuaikan seperti yang sudah ditetapkan.

"Kami memahami adanya keberatan beberapa pengusaha karena memang produknya sebagian diambil dari luar negeri," katanya.

Hal serupa serupa juga disampaikan oleh Kementerian Kesehatan yang menyebutkan bahwa saat ini harga PCR di Indonesia termasuk terendah kedua setelah Vietnam di kawasan Asia Tenggara.

Dalam rilis Kementerian Kesehatan disebutkan bahwa harga Test RT PCR di Indonesia termurah kedua setelah negara Vietnam.

Baca Juga: Polri: Laporkan Jika Tarif Tes PCR Lebih Tinggi dari Ketentuan

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X