Masjid Istiqlal Gelar Sholat Jumat Pekan Ini, Ada Syarat yang Harus Dipenuhi Calon Jemaah

- 18 Agustus 2021, 15:34 WIB
Masjid Istiqlal.
Masjid Istiqlal. /Pikiran-Rakyat.com/ Amir Faisol

PIKIRAN RAKYAT - Pada perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Covid-19 di DKI Jakarta, Masjid Istiqlal akan melaksanakan sholat Jumat untuk umum terhitung pada Jumat, 20 Agustus 2021, pekan ini.

Wakil Kepala Bagian Humas Istiqlal Amaq Dalilah Saparwadi mengatakan, meski sholat Jumat mulai dibuka untuk umum, namun masih terbatas sesuai dengan edaran PPKM dan tetap dengan protokol kesehatan yang ketat.

"(Kapasitas) masih mengacu yang 25 persen," ujarnya saat dihubungi, Rabu, 18 Agustus 2021.

Kemudian terkait dengan syarat sertifikat vaksinasi Covid-19, Sapar menyebutkan agar calon jamaah menunjukkan kepada petugas Masjid Istiqlal di pintu-pintu gerbang.

Baca Juga: Sejarah Taliban, Muncul Saat Uni Soviet Mundur hingga Kembali Berjaya Ketika AS Menarik Pasukan Militer

"(Syarat) sudah divaksin menjadi syarat boleh beribadah di masjid istiqlal. Jamaah cukup menunjukkan ke petugas pintu gerbang Istiqlal," tuturnya.

Untuk diketahui, sebetulnya pemerintah telah mengizinkan kegiatan peribadatan sejak perpanjangan kedua PPKM Level 4 Covid-19.

Namun meski tempat ibadah mulai diperbolehkan buka untuk melaksanakan kegiatan ibadah, Masjid Istiqlal tidak bisa serta merta melaksanakan kegiatan sholat Jumat untuk umum karena harus ada persiapan yang perlu dilakukan, perlu ada transisi waktu untuk menyiapkan protokol Covid-19.

Sebetulnya kata dia untuk persiapan sudah ada, sebab Masjid Istiqlal sebelumnya sempat melaksanakan sholat tarawih berjamaah untuk umum meskipun Jakarta tengah menerapkan PPKM.

Halaman:

Editor: Aldiro Syahrian


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X