Banyak Anak-anak Kehilangan Orangtua, Puan Maharani: Negara Harus Bertanggung Jawab

- 4 Agustus 2021, 13:32 WIB
Ilustrasi anak-anak dan orangtuanya.*
Ilustrasi anak-anak dan orangtuanya.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Kasus kematian akibat Covid-19 masih terus bertambah setiap harinya, hal itu juga yang menjadi fokus pemerintah saat ini dalam menangani pandemi.

Ancaman kematian juga berdampak pada anak-anak, yang kini hidup sendiri karena kedua orangtua mereka terpapar Covid-19 hingga akhirnya meninggal dunia.

Terkait hal itu, Ketua DPR RI Puan Maharani memberi perhatian khusus terhadap perlindungan anak-anak yang kehilangan orang tua akibat keganasan Covid-19.

Menurutnya, pemerintah harus memiliki data khusus terkait anak-anak kurang beruntung tersebut untuk kemudian memberikan perlindungan kepada mereka.

Baca Juga: Tiga Tokoh Perempuan Berpotensi Maju di Pilpres 2024, Popularitas Puan Maharani di Atas Sri Mulyani dan Risma

“Hingga saat ini, saya belum melihat adanya data khusus terkait anak-anak Indonesia yang kehilangan orangtua mereka karena Covid-19. Kita perlu data tersebut sebagai langkah untuk memberi perlindungan,” kata Puan dalam keterangan pers pada Rabu, 4 Agustus 2021.

Kemudian, Puan mengatakan data tersebut sangat diperlukan untuk memastikan negara hadir memberikan perlindungan yang tepat terhadap anak-anak yang kehilangan orangtua karena pandemi Covid-19.

Perlindungan tersebut mulai dari santunan sampai pengasuhan, tergantung kondisi sosial masing-masing anak.

“Negara harus bertanggung jawab terhadap masa depan anak-anak Indonesia yang menjadi korban bencana kesehatan ini,” kata Puan.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: DPR


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X