Kondisi Indonesia Buat WHO Turun Tangan Minta 7 Wilayah Lakukan Pembatasan Ketat

- 29 Juli 2021, 19:26 WIB
Ilustrasi virus Covid-19
Ilustrasi virus Covid-19 /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT- Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang akhirnya dilanjutkan dengan PPKM Level 3 dan 4 di wilayah Jawa-Bali memang berdampak pada penurunan kasus meski belum terjadi secara signifikan.

Meski di wilayah Jawa dan Bali mengalami penurunan, dan keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di rumah sakit mulai berkurang, tetapi berbeda di wilayah luar Pulau Jawa yang malah mengalami kenaikan.

Bahkan, kondisi yang kini terjadi di Indonesia langsung disoroti oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

WHO mengatakan tujuh provinsi di Indonesia, yang mayoritas berada di luar Pulau Jawa, mengalami penularan Covid-19 yang tinggi hingga 25 Juli 2021 lalu.

Baca Juga: Simak Arahan WHO Soal Obat yang Perlu Diminum dan Dihindari Pasien Covid-19 saat Isoman

Melalui laporan perkembangan situasi yang dirilis pada Kamis, WHO menyarankan agar pembatasan ketat dilanjutkan.

Kemudian dari tujuh provinsi tersebut, daerah Jakarta mencatat penularan tertinggi pada pekan tersebut dengan angka kejadian mencapai 688,6 per 100 ribu penduduk.

Selanjutnya ialah Yogyakarta, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Papua Barat, dan Kepulauan Bangka Belitung.

“Upaya menekan penularan dengan memberlakukan langkah kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial yang ketat perlu dilanjutkan dan dipercepat,” kata WHO pada Kamis.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: Anadolu Agency


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X