Kemenkes Ungkap Tiga Kasus Covid-19 Varian Delta Plus Ditemukan di Indonesia

- 29 Juli 2021, 13:50 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /Pixabay/Geralt

PIKIRAN RAKYAT - Terkait penyebaran virus corona varian Delta asal India atau dikenal B.16.17.2, dipastikan saat ini Indonesia telah menemukan tiga kasus Covid-19 dengan varian AY.1 atau Delta Plus.

Hal itu diungkap Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi.

Dia mengatakan dua kasus di antaranya terdeteksi di Jambi dan satu kasus lainnya di Mamuju, Sulawesi Barat.

Baca Juga: The Minions Kalah di Olimpiade Tokyo 2021, Ganda Putra Malaysia Tak Percaya

Lebih lanjut, Siti Nadia mengatakan kasus tersebut diketahui berdasarkan pemeriksaan sampel spesimen pasien Covid-19 melalui metode whole genome sequencing.

“Ketiga kasus ini merupakan kasus transmisi lokal,” kata Siti Nadia, Rabu, 28 Juli 2021.

Kemudian, dia menjelaskan varian Delta Plus merupakan turunan dari varian Delta (B.161.7.2). Varian Delta sendiri saat ini mendominasi lonjakan infeksi yang terjadi di Pulau Jawa.

Baca Juga: MotoGP 2021: Valentino Rossi akan Umumkan Keputusan Penting, Kabar Pensiun?

Siti Nadia menuturkan, varian Delta Plus pertama kali muncul dalam basis data global pada Maret 2021 dan Badan Kesehatan Inggris (PHE) telah mengkategorikan ini sebagai varian yang menjadi perhatian (variant of concern).

Bahkan, satu hal yang membedakan Delta Plus dengan varian Delta yakni varian ini mengandung mutasi tambahan K417N pada bagian 'protein spike' yang menutup permukaan virus SARS-CoV-2

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X