Alvin Lie: Syarat Perjalanan Jangan Diskriminatif, Peraturan Inilah yang Membunuh Industri Transportasi Udara

- 28 Juli 2021, 16:20 WIB
Ilustrasi bandara.
Ilustrasi bandara. /Pikiran Rakyat/Armin Abdul Jabbar

PIKIRAN RAKYAT - Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 telah resmi diperpanjang hingga 2 Agustus mendatang

Tentunya dari pembatasan kegiatan masyarakat ini juga mengatur ketentuan atau syarat perjalanan di dalam negeri.

Sebagaimana Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengeluarkan Surat Edaran Nomor 16 Tahun 2021, yakni tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19.

Surat Edaran tersebut telah berlaku sejak 26 Juli kemarin hingga batas waktu yang belum ditetapkan.

Baca Juga: Calon Jemaah Indonesia Wajib Karantina, Bukhori Yusuf Sentil Pemerintah

Kemudian, dalam kategori PPKM Level 4 dan Level 3 untuk moda transportasi udara wajib menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama), dan surat keterangan hasil negatif tes RT- PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Namun, dari ketentuan tersebut masih banyak pelanggaran yang dilakukan baik pelaku perjalanan juga muncul pula oknum yang memalsukan hasil PCR.

Disisi lain, Mantan anggota Ombudsman yang juga pengamat penerbangan Alvin Lie menyatakan bahwasannya syarat perjalanan ini jangan sampai diskriminatif.

Baca Juga: Marah Oknum TNI AU Injak Kepala Warga Papua, Panglima TNI Copot Komandan Lanud Merauke

Terlebih menurutnya kebijakan pemerintah saat ini berdampak pada kemajuan industri penerbangan. Jadi Alvin menilai, ada diskriminasi kebijakan terkait transportasi udara dengan transportasi lainnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X