Rizal Ramli: Setelah Jokowi Tidak Jadi Presiden, Kita Rombak Cara Mengatasi Masalah di Papua

- 28 Juli 2021, 14:50 WIB
Sejumlah ibu hamil dan menyusui mengikuti sosialisasi vaksinasi COVID-19 di Agats, Asmat, Papua, Kamis (1/7/2021). Pemerintah mulai memberikan vaksin COVID-19 kepada ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak usia 12-18 tahun sebagai upaya melindungi kelompok tersebut dari COVID-19. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww.
Sejumlah ibu hamil dan menyusui mengikuti sosialisasi vaksinasi COVID-19 di Agats, Asmat, Papua, Kamis (1/7/2021). Pemerintah mulai memberikan vaksin COVID-19 kepada ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak usia 12-18 tahun sebagai upaya melindungi kelompok tersebut dari COVID-19. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww. /Antara Foto/Puspa Perwitasari

PIKIRAN RAKYAT – Beredar video yang merekam aksi aparat keamanan menggunakan seragam TNI AU melakukan tindak kekerasan terhadap warga Papua di media sosial hingga memancing reaksi dari politisi Rizal Ramli.

Video yang berdurasi 1 menit 20 detik itu merekam aksi aparat keamanan berseragam TNI AU tengah menghardik, membentak, menyeret, dan menginjak bagian kepala warga Papua yang diduga penyandang disabilitas.

Dugaan tindak kekerasan tersebut menambah daftar panjang kasus kekerasan di Bumi Cendrawasih itu.

Pasalnya hingga saat ini, Papua dalam kondisi yang tidak kondusif lantaran masih terjadinya konflik antar warga sipil, aparat keamanan hingga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Baca Juga: Temukan Kejanggalan Jelang Sidang Juliari Batubara, Febri Diansyah: Kita Simak Bersama

Menanggapi tindakan kekerasan yang dilakukan oleh aparat keamanan ini, salah satu tokoh Papua, Natalius Pigai pun bersuara.

Melalui unggahan di akun media sosial pribadinya, ia turut menyinggung Mensos Tri Rismaharini terkait pernyataannya yang sempat menghebohkan warganet.

Pernyataan Menso Risma berhasil menciptakan kegaduhan lantaran dinilai tidak pantas dan terkesan diskriminatif dengan memberikan ancaman kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bermalas-malasan berupa mutasi ke Papua.

Baca Juga: Rasisme dan Diskriminasi Ganda dalam Insiden Oknum TNI AU Injak Kepala Warga Papua

Tri Rismaharini melayangkan protes kepada ASN yang tidak ikut bekerja di dapur umum Kementerian Sosial yang digelar di Bandung, Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X