Nakes Tetap Terpapar Covid-19 Meski Divaksin Penuh, Kemanjuran Vaksin Sinovac Diungkap

- 25 Juli 2021, 13:52 WIB
Ilustrasi -Kemanjuran vaksin Sinovac diungkap terkait kasus nakes terpapar Covid-19.
Ilustrasi -Kemanjuran vaksin Sinovac diungkap terkait kasus nakes terpapar Covid-19. /Pixabay/torstensimon

PIKIRAN RAKYAT - Covid-19 tidak hanya menyerang masyarakat secara umum, tenaga kesehatan yang sudah divaksin pun tetap bisa terpapar virus berbahaya dari Wuhan itu.

Beberapa waktu sebelumnya, dengan munculnya beragam vaksin berbagai jenis, efikasi masing-masing vaksin tersebut disinggung.

Tidak jarang ada yang membandingkaan efikasi vaksin satu dengan yang lainnya.

Sempat beredar juga terkait rendahnya efikasi vaksin Sinovac yang digunakan di Indonesia untuk memperkuat antibodi dalam tubuh supaya tidak terpapar Covid-19.

Baca Juga: Ali Ngabalin Sindir Mantan Menteri Tukang Provokasi Masyarakat, Diajak Olahraga

Namun, keraguan di sejumlah khalayak muncul dengan menyaksikan tenaga kesehatan (nakes) yang telah divaksin Sinovac secara penuh (dua dosis) tetapi tetap terpapar Covid-19.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari akun Twitter milik Dosen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan, Stevent Sumantri, ia menyebutkan terkait peran vaksin Sinovac.

Disebutkan oleh Setevent Sumantri, penyebab nakes terpapar Covid-19 bukan karena efikasi (tingkat kemanjuran) vaksin Sinovac yang rendah.

Hal tersebut dibandingkan oleh Setevent Sumantri dengan kejadian di Israel ketika para nakes sudah divaksin penuh denga Pfizer yang dipercaya memiliki tingkat efikasi hingga 100 persen tetapi masih ada yang terpapar.

Halaman:

Editor: Christina Kasih Nugrahaeni

Sumber: twitter.com/dokterimun_id


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X