Syarat Naik Pesawat Selama PPKM Darurat, Perlukah Surat RT-RW?

- 23 Juli 2021, 10:06 WIB
Pesawat Garuda Indonesia.
Pesawat Garuda Indonesia. /Pixabay/ Fariz Priandana


PIKIRAN RAKYAT - Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan seorang selebgram yang mengamuk di Bandara Soekarno Hatta karena diminta surat keterangan RT/RW sebagai syarat terbang.

Selebgram bernama Gebby Vesta dalam unggahannya mengaku telah memenuhi semua persyaratan termasuk sertifikat vaksin Covid-19 dan hasil tes PCR.

Lantas, perlukah surat RT/RW sebagai syarat untuk terbang atau naik pesawat?

Pada 18 Juli 2021, Pemerintah telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 53 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE 45 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Dalam surat edaran tersebut disebutkan penerbangan dari dan ke Pulau Jawa-Bali wajib menunjukkan hasil PCR negatif yang sampelnya diambil maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan, dan wajib tunjukkan kartu vaksin.

Baca Juga: Perbatasan China Ditutup dan Hantaman Pandemi Covid-19, Kondisi Rakyat Korea Utara Memprihatinkan

Pelaku perjalanan hanya diperbolehkan yang bekerja di sektor esensial dan kritikal dan wajib menunjukkan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) atau Surat Keterangan Lainnya yang dikeluarkanoleh Pemerintah Daerah setempat atau Surat Perintah Tugas dari PimpinanInstansi setingkat Eselon II.

Dengan demikian, surat RT/RW diperlukan jika penumpang bukan orang yang bekerja di sektor esensial.

Berikut ini isi lengkap surat edaran tersebut seperti dilihat Pikiran-rakyat.com di laman jdih.dephub.go.id.

Beberapa ketentuan dalam Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE 45 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), dirubah sebagai berikut:
a. Merubah ketentuan angka 5 huruf a, butir 1) point c), sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Kemenhub


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X