Pakar Asing Terkejut Lihat Media di Indonesia Liput Pengobatan Covid-19: Hentikan!

- 22 Juli 2021, 20:19 WIB
Ilustrasi Covid-19. Penanganan pasien positif corona dalam rangka penyembuhan dari Covid-19 ternyata banyak yang berisiko menyebarkan virus lebih lanjut.
Ilustrasi Covid-19. Penanganan pasien positif corona dalam rangka penyembuhan dari Covid-19 ternyata banyak yang berisiko menyebarkan virus lebih lanjut. /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Indonesia masih kewalahan menangani Covid-19. Pasien positif corona kebingungan untuk mendapatkan perawatan yang layak.

Kapasitas rumah sakit yang terbatas membuat banyak pasien positif corona terpaksa untuk menjalani isolasi mandiri dan berupaya sembuh dari Covid-19 secara mandiri.

Situasi membingungkan ini menjadi celah bagi sejumlah orang untuk 'berkreasi' membantu pasien positif corona sembuh dari Covid-19.

Beragam 'pengobatan alternatif' mendadak viral di media sosial. Beberapa media nasional pun turun langsung meliput upaya penyembuhan pasien positif corona dari Covid-19.

Baca Juga: Soroti Rp1.035 T yang Habis Tanpa 'Jejak', Rizal Ramli: Hanya Ada Dua Kemungkinan

Namun, langkah-langkah untuk menyembuhkan pasien positif corona tersebut justru memunculkan rasa khawatir dari para pakar yang menyoroti penanganan Covid-19 di Indonesia.

Pasalnya, seluruh pengobatan alternatif untuk pasien positif corona itu tidak melalui pengujian ilmiah sehingga memicu risiko lain terhadap penularan Covid-19

Pakar Penyakit Menular University of Maryland Upper Chesapeake Health, Faheem Younus prihatin dengan persoalan yang menimpa pasien positif corona di Indonesia tersebut.

Ia terkejut melihat upaya-upaya tidak ilmiah untuk mengobati Covid-19 pada pasien positif corona justru disebarluaskan oleh sejumlah media nasional.

Halaman:

Editor: Mahbub Ridhoo Maulaa

Sumber: Twitter @FaheemYounus


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X