Legislator Sentil KLHK, Tunjukkan Kontribusi Nyata Kurangi Polusi Udara dan Sampah

- 11 Juni 2021, 17:45 WIB
Ilustrasi polusi udara dan sampah.
Ilustrasi polusi udara dan sampah. //Pixabay/Darkmoon_Art

PIKIRAN RAKYAT – Anggota Komisi IV DPR Julie Sutrisno meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengupayakan kontribusi nyata dalam rangka pengurangan polusi udara yang dewasa ini semakin mengkhawatirkan.

Dalam pandangan tersebut, Julie Sutrisno meminta penjelasan indikator perkembangan indeks kualitas lingkungan hidup selama lima tahun terakhir.

“Sebab dari pilar lingkungan kami belum melihat ada program konkret untuk pengurangan polusi udara," katanya dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi IV DPR bersama Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar pada Kamis, 10 Juni 2021 di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta.

Tidak hanya tentang masalah polusi udara, Julie Sutrisno turut menyoroti permasalahan sampah dan program pengelolaannya yang tengah disiapkan pemerintah, yaitu terkait upaya pengurangan penimbunan sampah dengan memanfaatkannya sebagai bahan bakar penghasil listrik.

Baca Juga: Donald Trump ke Joe Biden: Jangan Tidur Saat Bertemu Vladimir Putin

Menurutnya, upaya menghasilkan energi dengan sampah perlu ditingkatkan bahkan jika perlu, pemerintah bisa menjajaki dan menawarkan investasi guna memperoleh sistem pengelolaan dan pengembangan sampah yang efektif.

Selain itu, ia meminta penjelasan pemerintah terkait strategi pengurangan dan pengelolaan sampah organik rumah tangga yang jumlahnya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan sampah plastik.

"Untuk itu kami sarankan perlu modernisasi pengelolaan sampah di seluruh indonesia," katanya.

Politisi fraksi Partai NasDem itu turut mencermati program pemerintah untuk mengembangkan mobil listrik.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: DPR


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X