Diduga Sebar Hoaks dan Provokasi di Media Sosial, Ketua KNPB Merauke Ditangkap

- 10 Juni 2021, 16:46 WIB
Ilustrasi penangkapan.
Ilustrasi penangkapan. /Pixabay/4711018

PIKIRAN RAKYAT - Tim Satuan Tugas Operasi Nemangkawi menangkap Ketua I Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Merauke, EKM lantaran menyebarkan hoax.

Kepala Satgas Humas Ops Nemangkawi Kombes Pol Iqbal Alqudussy mengatakan, EKM menyebarkan hoax melalui akun media sosial facebook bernama Manuel Metemoko.

"Penangkapan EKM dilakukan atas penyelidikan yang telah dilakukan sebelumnya oleh Satgas Ops Nemangkawi, dan adanya LP/A/252/VI/2021/SPKT/Sat Reskrim/Res Merauke/Polda Papua, tanggal 07 Juni 2021," kata Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Kamis 10 Juni 2021.

Iqbal mengatakan, EKM ditangkap pada Rabu 9 Juni 2021 kemarin sekira pukul 22.35 WIT di rumahnya di Jalan Perikanan Darat, Kelurahan Kelapa V, Kecamatan Merauke, Kabupaten Merauke, Papua.

Baca Juga: Mantan Kapten Ungkap Ratusan Tentara Pilih Membelot dan Siap Lawan Balik Junta Militer Myanmar

Berdasarksn upaya penyelidikan online terhadap media social dan mendapat setidaknya 5 informasi terkait Akun facebook atas nama Manuel Metemko, yang diduga memposting atau mengunggah konten yang bermuatan unsur dugaan tindak pidana dibidang ITE.

"EKM dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas SARA dan berita bohong melalui aplikasi media sosial facebook," tuturnya.

Iqbal menambahkan EKM sendiri telah dibawa ke Polres Merauke untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut serta dilakukan pemeriksaan digital forensik terhadap barang bukti yang diamankan.

"Nanti akan dikembangkan kembali berapa postingan yang hoax dan provokatif dalam pemeriksaan pelaku maupun dari hasil digital forensik," tuturnya.

Halaman:

Editor: Aldiro Syahrian


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X