AHY Ingatkan Bahaya Ancaman Otoritarianisme, Ibaratkan Demokrasi Seperti Oksigen

- 6 Juni 2021, 15:54 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berkunjung ke Kantor Pikiran Rakyat pada Jumat 4 Juni 2021.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berkunjung ke Kantor Pikiran Rakyat pada Jumat 4 Juni 2021. /Pikiran-rakyat.com/Rio Rizky Pangestu

PIKIRAN RAKYAT - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membeberkan betapa pentingnya terus menjaga demokrasi di tengah masyarakat.

AHY menyampaikan itu saat berkunjung ke Kantor Pikiran Rakyat, Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, pada Jumat, 4 Juni 2021.

AHY mengatakan, demokrasi adalah satu di antara tiga isu utama yang sangat diperhatikan Partai Demokrat saat ini.

AHY membantah anggapan sebagian orang kalau demokrasi tidak ada gunanya dan menjelaskan mengapa demokrasi itu amat penting bagi kehidupan berbangsa.

Baca Juga: Ustaz Adi Hidayat Beri Masukan untuk Kemenag Jawab Isu Dana Haji Dipakai Infrastruktur

"Banyak yang merasa demokrasi itu tidak ada gunanya, kebebasan itu... ya sudahlah, sewajarnya memang terjadi dan lupa bahwa itu semua harus diperjuangkan dan dirawat," ucap AHY.

"Artinya kita tidak bisa menganggap demokrasi atau kebebasan bersuara tadi akan datang dengan sendirinya."

"Kalau saya mengibaratkan (demokrasi) seperti oksigen. Ketika ada di sekitar kita, kita gak pernah berterima kasih atas oksigen. Tapi begitu menipis, barulah kita minta tolong agar mendapat pasokan oksigen," ucapnya lagi.

Baca Juga: Mahfud MD: Zaman Pak Harto KKN Itu Banyak, Nggak Ada Korupsi Dilakukan oleh DPR

Hal yang sama berlaku dalam menyikapi demokrasi. "Begitu diganggu, begitu berkurang, begitu kebebasan dipertanyakan, barulah kita menganggap ada sesuatu yang tidak benar," katanya.

Halaman:

Editor: Rio Rizky Pangestu


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X