Beda dengan Habib Rizieq Shihab, 5 Mantan Petinggi FPI Dituntut 1 Tahun 6 Bulan Penjara Terkait Petamburan

- 17 Mei 2021, 21:38 WIB
Habib Rizieq resmi menjadi tersangka dalam perkara tes Covid-19 yang tidak transparan di RS Ummi Bogor.
Habib Rizieq resmi menjadi tersangka dalam perkara tes Covid-19 yang tidak transparan di RS Ummi Bogor. /Antara Foto/Hafidz Mubarak A.

PIKIRAN RAKYAT - Jaksa penuntut umum (JPU) menuntut lima mantan petinggi Front Pembela Islam (FPI) dengan hukum 1 tahun 6 bulan penjara.

Kelima mantan petinggi FPI itu di antaranya Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus Al-Habsyi, dan Maman Suryadi.

Tuntutan itu berbeda dengan tuntutan jaksa kepada Habib Rizieq Shihab yang
lebih tinggi yakni dua tahun penjara terkait kasus kerumunan Petamburan.

"Menjatuhkan terdakwa Haris Ubaidillah, Ahamd Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus Al-Habsyi, Maman Suryadi dengan pidana penjara masing-masing 1 tahun 6 bulan dengan dikurangi selama masa tahanan sementara," kata jaksa di PN Jakarta Timur Senin 17 Mei 2021.

Baca Juga: Saat Palestina Diserang Israel, ISIS Justru Ledakkan Masjid di Afganistan, Hidayat Nur Wahid: Terkutuklah

Adapun dalam tuntutannya jaksa membeberkan hal yang memberatkan para terdakwa diantaranya kelima terdakwa membantu Rizieq untuk menghasut massa untuk hadir dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan resepsi pernikahan putrinya di Petamburan pada 14 November 2020 lalu.

Mereka juga dinilai jaksa tidak memerhatikan kondisi pandemi Covid-19 dan justru membuat pendukung Rizieq beramai-ramai mendatangi acara sehingga menimbulkan kerumunan.

"Menyatakan para terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana penghasutan untuk melakukan pelanggaran Undang-Undang Kekarantinaan," tutur jaksa.

Sebelumnya, jaksa menuntut Habib Rizieq Shihab dengan hukuman 2 tahun penjara dalam kasus kerumunan Petamburan.

Halaman:

Editor: Mahbub Ridhoo Maulaa


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X