Cegah Seperti di India, Polda Metro Siapkan Pos Swab Gratis di Polsek Bagi Warga yang Baru Balik Mudik

- 17 Mei 2021, 18:28 WIB
Sejumlah pemudik menjalani swab test antigen yang digelar Polres Garut di pos penyekatan Kadungora sebagai salah satu persyaratan agar bisa meneruskan perjalanan menuju kampung halaman.
Sejumlah pemudik menjalani swab test antigen yang digelar Polres Garut di pos penyekatan Kadungora sebagai salah satu persyaratan agar bisa meneruskan perjalanan menuju kampung halaman. /Kabar Priangan/Aep Hendy

PIKIRAN RAKYAT - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pihaknya menyiapkan pos-pos swab antigen secara cuma-cuma atau gratis bagi warga yang kembali dari mudik lebaran 2021.

Pos itu nantinya akan didirikan di sejumlah polsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya untuk mengantisipasi pemudik yang lolos dari pemeriksaan dokumen swab saat penyekatan arus balik mudik. Hal ini juga jadi upaya mencegah lonjakan kasus Covid-19 pascalibur lebaran 2021.

Selain itu kata Yusri, langkah itu juga sebagai antisipasi penolakan warga Jakarta yang belakangan ramai menolak pemudik untuk kembali sebelum memiliki surat keterangan swab.

Baca Juga: Wakil Ketua MPR Tanggapi Pandangan Jokowi Soal Nasib 75 Pegawai KPK yang Tak Lolos TWK

"Kemudian untuk mengantisipasi Polda Metro Jaya bersama Pangdam membuat post post swab antigen gratis di polsek-polsek," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Senin 17 Mei 2021.

Untuk itu kata Yusri, bagi warga yang baru saja kembali dari daerah usai melaksanakan mudik dan belum memiliki surat swab antigen bisa mendatangi polsek terdekat.

Disisi lain kata dia, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Bhabinkantibmas, Babinsa, RT, dan RW untuk dapat mendata warga yang baru saja melaksanakan mudik.

Nantinya setiap rumah warga yang mudik akan dipasang penanda berupa stiker yang menunjukkan warga dirumah itu telah melaksanakan mudik.

Baca Juga: Anggota Kepresidenan Bosnia Murka, Tak Terima Negaranya Dicatut Israel untuk Dukung Kekejaman di Palestina

Halaman:

Editor: Aldiro Syahrian


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X