POPULER HARI INI: Siapa Hamas hingga Aurel Hermansyah Pakai Kursi Roda

- 14 Mei 2021, 06:36 WIB
Militan Hamas Palestina berbaris selama parade militer menandai ulang tahun ke-29 berdirinya gerakan Hamas, di utara Jalur Gaza pada 8 Desember 2016
Militan Hamas Palestina berbaris selama parade militer menandai ulang tahun ke-29 berdirinya gerakan Hamas, di utara Jalur Gaza pada 8 Desember 2016 /Reuters/Suhaib Salem

PIKIRAN RAKYAT - Hamas merupakan kelompok yang mengontrol Gaza dan menjadi gerakan politik Islam militan yang tidak mengakui Israel.

Namun, Hamas diklasifikasikan sebagai organisasi teroris oleh Israel, Amerika Serikat, Jepang, Uni Eropa, dan Kanada.

Kelompok militan ini memiliki sayap militer yang disebut Brigade Izz ad-Din al-Qassam, yang juga diklasifikasikan sebagai organisasi teroris oleh Inggris, Australia, Selandia Baru dan Paraguay.

Kutipan artikel tersebut merupakan satu dari lima kabar terpopuler di kalangan pembaca Pikiran-Rakyat.com, pada Jumat 14 Mei 2021. Berikut kami ulas selengkapnya.

Baca Juga: Link Live Streaming Man Utd vs Liverpool di Liga Inggris

1. Siapa Hamas dan Mengapa Terus Melawan Israel?

Konflik Israel-Palestina kembali meletus dan menjadi yang terparah sejak tahun 2014. Konflik itu semakin meningkat menjelang akhir bulan Ramadhan 2021.

Selama beberapa hari terakhir, kelompok militan Hamas terus menggempur Israel dengan menembakkan roket ke kota-kota Israel.

Serangan itu dilakukan Hamas sebagai pembalasan atas tindakan kekerasan polisi Israel di Masjid Al Aqsa.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X