Indonesia Harus Ingat, Kemerdekaan Palestina Sudah Termaktub dalam Amanah Konstitusi Bangsa

- 13 Mei 2021, 20:47 WIB
Seorang pemuda mengibarkan bendera Palestina dengan latar belakang Dome of The Rock, selama sholat Idul Fitri, di Kota Tua Yerusalem, 13 Mei 2021. REUTERS / Ammar Awad
Seorang pemuda mengibarkan bendera Palestina dengan latar belakang Dome of The Rock, selama sholat Idul Fitri, di Kota Tua Yerusalem, 13 Mei 2021. REUTERS / Ammar Awad /REUTERS/Ammar Awad

 

PIKIRAN RAKYAT - Israel melakukan serangan bertubi-tubi ke wilayah Palestina sejak penghujung bulan Ramadhan.

Kondisi yang kian genting dan memanas membuat banyak pihak termasuk Indonesia mengecam aksi yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina.

Salah satu kecaman datang dari Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari yang mengecam dan mengutuk keras tindakan Israel.

Dia mengatakan Israel telah menodai kesucian bulan Ramadhan serta melakukan serangan ke masjid Al Aqsa yang merupakan kiblat pertama umat Islam.

Baca Juga: Ngeri Lihat Anak-anak Jadi Korban di Palestina, Rihanna: Siklus Ini Perlu Dipatahkan

“Saya sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI mengutuk kebiadaban, kekejaman negara apartheid Israel terhadap Rakyat Palestina di Gaza dan Tepi Barat serta penodaan kesucian bulan Ramadan dan Masjid Al Aqsa kiblat pertama umat Islam,” kata Kharis dilaporkan laman resmi DPR.

Kharis lantas meminta Kementerian Luar Negeri RI untuk mengajukan protes kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dalam catatan DPR, sedikitnya terdapat 15 Resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB terkait Yerusalem dan satu resolusi penting Majelis Umum PBB Nomor 181 tahun 1947 yang menetapkan Yerusalem sebagai wilayah yang berada di bawah kewenangan internasional dan diberikan status hukum dan politik yang terpisah.

Baca Juga: Palestina Kirim Pesan dan Minta Bantuan Indonesia: Kejahatan Ini Menargetkan Yerusalem

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Sumber: DPR RI


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X