10 Provinsi Alami Tren Kenaikan Kasus Aktif Covid-19, Berikut Wilayah Sebarannya

- 4 Mei 2021, 18:45 WIB
Ilustrasi virus corona di Indonesia.
Ilustrasi virus corona di Indonesia. /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Virus Covid-19 masih terus mengancam hidup manusia, penyebarannya telah berdampak buruk dalam berbagai sektor baik ekonomi, pendidikan dan yang lebih utama menyerang kesehatan.

Kementerian Kesehatan melaporkan saat ini sebanyak sepuluh provinsi di Indonesia, mengalami tren kenaikan kasus aktif penularan SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 dalam empat pekan terakhir.

Hal itu diungkap Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan kepada wartawan secara virtual di Jakarta, Selasa, 4 Mei 2021.

Tujuh provinsi berkategori kenaikan signifikan dalam empat pekan terakhir, tiga provinsi diantaranya mengalami kenaikan yang cukup signifikan dalam empat pekan terakhir,” kata Sit Nadia.  

Baca Juga: Lansia Dominasi Korban Covid-19, Ini 5 Alasan Pemerintah Terbitkan Larangan Mudik Lebaran Mei 2021

Siti Nadia mengemukakan tren kenaikan kasus tersebut diukur berdasarkan sumber data Kementerian Kesehatan.

Kemudian data tersebut diolah dan dianalisis oleh Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, selama kurun 11 hingga 30 April 2021.

Adapun sebanyak tujuh provinsi dengan kenaikan kasus signifikan di antaranya Bengkulu yang mengalami tren kenaikan kasus 94,9 persen, dengan jumlah kasus harian terakhir mencapai 762 kasus.

Baca Juga: Imbas Eksodus Warga India, Kini Indonesia Hadapi Varian Covid-19 B1617 yang Sudah Masuk

Lalu Kalimantan Barat mengalami kenaikan kasus aktif 59,9 persen, dengan jumlah kasus harian mencapai 934 kasus. Selain itu, Kepulauan Bangka Belitung 99,5 persen dengan jumlah kasus harian mencapai 1.630 kasus.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X