Kemenparekraf Petakan Empat Subsektor Potensial di Kabupaten Toba Sumatra Utara

- 4 Mei 2021, 15:57 WIB
Danau Toba di Sumatera Utara, salahsatu danau yang kondisinya kritis.
Danau Toba di Sumatera Utara, salahsatu danau yang kondisinya kritis. /Antara

PIKIRAN RAKYAT - Pemulihan pariwisata kini menjadi salah satu fokus yang digaungkan pemerintah. Pasalnya, hal ini disebut dapat menjadi salah satu indikator guna memulihkan perekonomian yang terdampak pandemi Covid-19.

Untuk itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) memetakan empat subsektor yang berpotensi dikembangkan dan diunggulkan di Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Hal ini melalui program Uji Petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I). Keempat subsektor tersebut yakni, fesyen, kuliner, kriya, dan seni pertunjukan.

Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Selliane Halia Ishak, mengatakan PMK3I ini bertujuan untuk mengetahui dan menetapkan subsektor ekraf yang bisa menjadi unggulan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Toba, yang merupakan salah satu destinasi super prioritas (DSP) tanah air.

Baca Juga: 19 KA Jarak Jauh Tetap Beroperasi selama Larangan Mudik 2021, Simak Persyaratannya

“Ini sebagai bentuk komitmen para stakeholder pariwisata untuk memajukan sektor ekonomi kreatif di daerahnya,” paparnya saat memberikan sambutan dalam acara Penandatanganan Berita Acara Hasil Uji Petik PMK3I, di Kantor Bupati Toba, Senin, 3 Mei 2021.

Kegiatan yang dihadirkan berbagai elemen ini sebagai komitmennya untuk memajukan sektor ekraf di sekitar kawasan Danau Toba.

Seperti diketahui kegiatan ini merupakan satu program unggulan yang sudah berjalan sejak 2016 melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Program ini bertujuan untuk melakukan pemetaan ekosistem, potensi, best practice, dan permasalahan pengembangan sistem ekonomi kreatif kabupaten/kota. Kegiatan PMK3I dilakukan secara bottom up.

Jadi Pemerintah kabupaten/kota yang akan mengajukan data untuk diverifikasi oleh Kemenparekraf yang nantinya akan diseleksi menjadi Kabupaten/Kota Kreatif yang saat ini sudah ditetapkan sebanyak 10 kota.

Halaman:

Editor: Aldiro Syahrian


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X