Keputusan Membuka Rute Jakarta-Wuhan Jadi Tanda Tanya Besar, DPR: WNA Masuk, Tapi Rakyat Tidak Boleh Mudik

- 4 Mei 2021, 16:05 WIB
Seorang wanita mengenakan masker terlihat di depan orang lain berdiri dalam antrian untuk pengujian asam nukleat di Wuhan, kota Cina yang paling terpukul oleh wabah penyakit coronavirus (COVID-19), provinsi Hubei, Tiongkok 16 Mei 2020.*
Seorang wanita mengenakan masker terlihat di depan orang lain berdiri dalam antrian untuk pengujian asam nukleat di Wuhan, kota Cina yang paling terpukul oleh wabah penyakit coronavirus (COVID-19), provinsi Hubei, Tiongkok 16 Mei 2020.* /REUTERS

PIKIRAN RAKYAT - Di tengah kewaspadaan terhadap penyebaran virus Covid-19 bahkan varian virus corona yang sudah masuk ke Indonesia, pemerintah juga menerapkan berbagai kebijakan untuk menekan kasus Covid-19 tersebut.

Namun, terkait sejumlah aturan dan protokol kesehatan yang diperketat, baru-baru ini dikabarkan bahwa jalur penerbangan dari Jakarta menuju Wuhan, China, pergi-pulang ternyata telah dibuka kembali dengan alasan untuk memberikan pelayanan kepada para penumpang.

Pelayanan rute tersebut dibuka setiap Senin, dan menyediakan jalur penerbangan Wuhan-Jakarta dengan sistem pergi pulang itu dilayani oleh maskapai Lion Air menggunakan pesawat Boeing 737-900.

Terkait hal itu, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarief Abdullah Alkadrie menyayangkan pemerintah kembali membukanya rute penerbangan Wuhan-Jakarta.

Baca Juga: PemproV DKi Jakarta Kaji Kemungkinan Shalat Idul Fitri di Area Terbuka

Syarief juga menyebut, pemerintah inkonsisten dengan kebijakan pengendalian Covid-19 yakni larangan mudik yang tengah diberlakukan saat ini.

Selain itu, menurut Syarief dengan dibukanya jalur penerbangan Wuhan-Jakarta akan menimbulkan ketidakadilan bagi masyarakat Indonesia.

Dalam keterangan resminya yang diterima Parlementaria, Senin, 3 Mei 2021, Syarief menekankan, pemerintah seharusnya memperhatikan terjadinya tren kenaikan kasus pandemi Covid-19 secara skala nasional maupun global.

Baca Juga: Kemenhub: Bus Berstiker Khusus Hanya Angkut Penumpang dengan Kebutuhan Mendesak

Mengingat, Wuhan merupakan kota yang pertama kali mengalami peristiwa timbulnya Covid-19. Sehingga, dengan demikian dibukanya rute penerbangan Wuhan-Jakarta tidak bisa dijamin aman.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X