Peran MUI, NU hingga Muhammadiyah Disinggung oleh Jubir Wapres Usai Insiden di Bekasi

- 4 Mei 2021, 15:07 WIB
Jubir Wapres Ma'ruf Amin yaitu Masduki Baidlowi.
Jubir Wapres Ma'ruf Amin yaitu Masduki Baidlowi. /Asdep KIP Setwapres

PIKIRAN RAKYAT - Beredar video viral yang menunjukkan sejumlah pengurus masjid melarang bahkan mengusir seorang warga dari sebuah masjid, karena menggunakan masker saat beribadah shalat.

Dalam video tersebut, salah satu pengurus Masjid Al Amanah Kota Bekasi Abdurohman mengatakan alasan pelarangan tersebut sesuai dengan Surat Al Imran ayat 96. Menurut dia, menggunakan masker di dalam masjid sama dengan menempatkan rumah ibadah seperti pasar.

Namun menanggapi kejadian itu, Juru Bicara Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi, menyebut insiden larangan penggunaan masker di Masjid Al Amanah Kota Bekasi menjadi tanggung jawab organisasi kemasyarakatan (ormas) agama Islam.

Sehingga, menurutnya harus ada evaluasi terkait sosialisasi beribadah sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Baca Juga: Ini Kemampuan Tiga Kapal Cina dan Satu Kapal SKK Mingas yang Evakuasi KRI Nanggala

“Ini tanggung jawab kita semua, ya MUI, ormas-ormas keagamaan seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, juga Dewan Masjid (Indonesia),” tutur Masduki, di Jakarta, Selasa, 4 Mei 2021.

Masduki mengatakan, hal itu perlu dilakukan supaya ada jejaring kuat, saling memberikan pengertian bahwa memakai masker di kondisi pandemi ini merupakan bagian dari pemahaman agama.

Masduki, yang juga Ketua MUI bidang Informasi dan Komunikasi, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepolisian RI dan MUI Kota Bekasi untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Baca Juga: Lionel Messi Kerahkan 200 Juta Followers Instagram untuk Sebuah Misi

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan konsolidasi dengan MUI daerah agar peristiwa serupa di Kota Bekasi tidak terjadi di daerah lain.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X