Salat Pakai Masker Dipertanyakan, Kemenag Beri Penjelasan

- 3 Mei 2021, 15:52 WIB
Ilustrasi Masker
Ilustrasi Masker /Polina Tankilevitch/Pexels

PIKIRAN RAKYAT – Penggunaan masker dinilai sebagai salah satu upaya penting dalam mencegah penyebaran berbagai jenis virus, termasuk Covid-19. Namun, bolehkah menggunakan masker ketika melaksanakan ibadah salat?

Pertanyaan tersebut muncul ke permukaan publik usai viral sebuah video di dunia maya yang merekam aksi sekelompok orang yang menegur seorang jemaah yang menggunakan masker.

Video tersebut menunjukkan seorang jemaah di Masjid Al Amanah ditegur sekelompok orang karena memakai masker di dalam masjid di Kota Bekasi.

Melihat insiden tersebut, Kementerian Agama (Kemenag) angkat bicara. Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan dalam ajaran agama Islam menggunakan masker ketika menunaikan salat tetaplah sah.

Baca Juga: Menanggung Sesal Usai Menikah, Sule: Karma Itu Benar

Selain itu, Dirjen Bina Masyarakat Islam Kemenag turut memastikan jika menjaga jarak dalam shaf ketika salat berjamaah tetap sah.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari PMJ News, Senin, 3 Mei 2021, menurutnya, shaf berjarak di masa pandemi Covid-19 bertujuan menghindari atau mencegah penularan virus corona.

Bahkan ia menilai menjaga jarak dan menggunakan masker ketika melaksanakan ibadah salat secara berjamaah di masa pandemi hukumnya wajib dalam upaya melindung diri dari paparan Covid-19.

"Bukan hanya sah tapi wajib dilakukan dalam rangka melindungi diri," kata Kamaruddin.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: PMJNews


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X