Geger Kerumunan di Pasar Tanah Abang Jakarta, Zubairi Djoerban: Tarik Napas Dalam-dalam

- 3 Mei 2021, 08:28 WIB
Sejumlah masyarakat memadati Blok B Pusat Grosir Pasar Tanah Abang untuk berbelanja pakaian di Jakarta Pusat, Minggu, 2 Mei 2021.
Sejumlah masyarakat memadati Blok B Pusat Grosir Pasar Tanah Abang untuk berbelanja pakaian di Jakarta Pusat, Minggu, 2 Mei 2021. /Antara Foto/Aditya Pradana Putra

PIKIRAN RAKYAT - Ketua Satgas Covid-19 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof. Zubairi Djoerban ikut menyoroti adanya kerumunan masyarakat di Pasar Tanah Abang, Jakarta.

Sebelumnya, video masyarakat memadati Pasar Tanah Abang, Jakarta, jelang Hari Raya Idul Fitri 2021 langsung beredar dan membuat geger jagat maya.

Sejumlah pihak pun turut menyoroti situasi tersebut, termasuk dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang terjun langsung membubarkan kerumunan itu.

Dalam keterangannya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sempat mengatakan terjadi lonjakan pengunjung di Pasar Tanah Abang pada Minggu, 2 Mei 2021.

Baca Juga: Sejumlah Kawasan Pusat Perbelanjaan Dipadati Pengunjung, Jokowi: Waspada Covid-19 Masih Ada

Anies Baswedan menambahkan, dibandingkan Sabtu 1 Mei 2021 yang tercatat 87.000 pengunjung, pada Minggu kemarin masyarakat yang memasuki Pasar Tanah Abang mencapai 100.000 orang.

Untuk mengantisipasi kerumunan terulang, Pemprov DKI Jakarta kini menerapkan sistem buka tutup Pasar Tanah Abang.

Pemprov DKI Jakarta juga kini menempatkan personel Satgas Covid-19 untuk mengatur masyarakat yang akan berkunjung ke Pasar Tanah Abang.

Selain itu, para pengunjung yang berniat berbelanja juga saat ini dilarang masuk ke area pasar jika tidak mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Halaman:

Editor: Sarah Nurul Fatia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X