Kian Matang Realisasikan Pemindahan Ibu Kota Negara Baru, Sri Mulyani Ungkap Dana yang Digelontorkan

- 23 April 2021, 11:05 WIB
Tangkapan layar pradesain Istana Negara baru yang akan dibangun di Kalimantan.
Tangkapan layar pradesain Istana Negara baru yang akan dibangun di Kalimantan. /Twitter.com/@jokowi

PIKIRAN RAKYAT- Rencana pemindahan ibu kota negara baru (IKN) ke Kalimantan Timur, kini sudah semakin matang untuk diwujudkan.

Berbagai langkah sudah diupayakan pemerintah, mulai dari perencanaan desain Istana Negara, yang sebelumnya sudah ditunjukan Presiden Joko Widodo dalam unggahan di akun Instagram pribadinya.

Bahkan saat ini pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Biro Humas, Paryono, ia mengatakan lembaganya sudah ditugaskan untuk memetakan data-data pegawai negeri sipil (PNS) yang akan pindah ke ibu kota negara yang baru.

Karena tak main-main, pemindahan ibu kota negara ini akan menggelontorkan dana yang tak sedikit, demikian Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah mengungkapkan total anggaran untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Baca Juga: Soal Larangan Mudik 2021, Ahli Epidemiologi: Sangat Strategis, Tujuannya Sangat Baik

Menkeu Sri Mulyani menyebut bahwa anggaran yang dibutuhkan terkait pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) pada tahun 2021 ini, mencapai Rp1,7 triliun.

Selain itu, Sri Mulyani mengatakan anggaran tersebut terbagi ke dalam anggaran belanja masing-masing kementerian dan lembaga (K/L) maupun non K/L.

“Belanja PUPR, Kemenhub, KLHK, ATR sebesar Rp800 miliar dan di dana belanja Project Development Fund (PDF) sebesar Rp900 miliar yang masuk ke non K/L,” ujar Sri Mulyani saat konferensi pers daring APBN KITA di Jakarta, Kamis, 22 April 2021.

Ia menuturkan, anggaran tersebut digunakan oleh masing-masing kementerian dan lembaga untuk mempersiapkan pembangunan IKN sesuai tugasnya.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X