Gempa Malang Bukan Magnitudo 6,7, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Meralat

- 10 April 2021, 17:09 WIB
Warga menyaksikan rumah yang rusak akibat gempa di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021). Gempa berkekuatan kurang lebih magnitudo (m) 6,7 yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang tersebut menyebabkan sejumlah rumah warga rusak dan goncangan di sejumlah wilayah di Jawa Timur. ANTARA FOTO/STR/SA/aww.
Warga menyaksikan rumah yang rusak akibat gempa di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021). Gempa berkekuatan kurang lebih magnitudo (m) 6,7 yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang tersebut menyebabkan sejumlah rumah warga rusak dan goncangan di sejumlah wilayah di Jawa Timur. ANTARA FOTO/STR/SA/aww. /ANTARA FOTO/SYAIFUL ARIF

PIKIRAN RAKYAT – Gempa bumi bermagnitudo 6,1 telah mengguncang wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur Sabtu, 10 April 2021 sekira pukul 14.00 WIB.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengemukakan bahwa gempa bumi tersebut memiliki magnitudo 6,7, tetapi kemudian diperbarui menjadi bermagnitudo 6,1.

Berdasarkan laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terjadi pada 90 kilometer Barat Daya Kabupaten Malang, Jawa Timur dengan kedalaman 25 kilometer.

Getaran gempa bumi bermagnitudo 6,1 tersebut dirasakan warga Malang, sehingga menyebabkan kepanikan.

Baca Juga: [UPDATE] Kasus Virus Corona Indonesia per 10 April 2021, Pasien Positif Naik 4.732, Meninggal 95 Orang

Baca Juga: Pihak Rumah Sakit Diminta Berlaku Adil pada Peserta JKN, Dirut BPJS Kesehatan: Berikan Pelayanan Terbaik

Menurut kesaksian seorang warga bernama Awang Kartadiningrat (50), pada saat terjadi gempa bumi tersebut, ia tengah berada di luar kios miliknya.

“Pada saat terjadi gempa, saya berada di luar kios. Kemudian gempa terasa makin kencang, akhirnya semua orang keluar ruangan,” kata Awang yang dikutip Pikiran-Rakyat.com (PR) dari Antara, Sabtu, 10 April 2021.

Awang Kartadiningrat menyebutkan ketika terjadi gempa bumi, Stadion Kanjuruhan Malang tengah melakukan persiapan pelaksanaan pertandingan perempat final turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Baca Juga: Muncul Kabar TMII Bukan Dikelola Negara Tapi oleh Keluarga Jokowi, KSP Moeldoko Buka Suara

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X